Marissa Haque Wafat, Semasa Hidup Konsen Terhadap Edukasi Halal

Marissa Haque meninggal dunia pada Rabu (2/10/2024) dini hari WIB

Republika/Putra M. Akbar
Penulis Buku Jawa dan Halal di Thailand Marissa Haque Fawzi menghadiri launching dan bedah buku Jawa dan Halal di Thailand di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jakarta, Senin (26/2).
Red: Israr Itah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kabar duka datang dari keluarga musisi Ikang Fawzi. Marissa Haque, istri Ikang, meninggal dunia pada Rabu (2/10/2024) dini hari WIB. Marissa meninggalkan dua anak Isabella Fawzi dan Chikita Fawzi.

Baca Juga


Kepergian mantan aktris dan legislator ini membuat banyak pihak terkejut. Sebab, tak ada kabar Marissa menderita sakit sebelumnya.

Salah satu yang menyampaikan keterkejutan adalah CEO Halal Corner Aisha Maharani. Dalam unggahannya di Instagram pada Rabu pagi, Aisha mengaku sangat kaget mendengar kabar Marissa telah berpulang.

Aisha punya kenangan baik tentang Marissa. Sebab, sosok yang pernah menjadi legislator ini dinilai sangat mendukung para penggiat halal dalam memberikan informasi, edukasi, konsultasi, dan advokasi mengenai produk halal

"Mba Icha, saya sebut beliau begitu, sangat konsen dengan halal, kami sama-sama pernah “berisik” saat pasal-pasal omnibus law tentang halal, yang kami pikir melenceng," tulis Aisha di Instagram-nya.

"Beliau sosok yang sangat peduli dengan kebenaran dan berani melawan apa yang tidak benar. Semoga Allah merahmati beliau atas amal-amal sholehnya. Saya kehilangan satu lagi teman pejuang halal dan teman diskusi tentang halal," lanjut Aisha pada unggahan yang juga menampilkan skrinsyut percakapannya di WA dengan Marissa tentang Halal Corner.

Aisha kemudian mendoakan keluarga Marissa diberikan kesabaran dan kelapangan hati. Ia berdoa dipertemukan dengan Marissa di surga nantinya.

Marissa adalah alumnnus Fakultas Hukum Universitas Trisakti dalam bidang hukum perdata. Ia kemudian menamatkan studi S2 dalam bidang bahasa anak tuna rungu di Universitas Katolik Atma Jaya. Marissa juga lulus sebagai magister administrasi bisnis (MBA) di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta. Ia mendapat gelar doktor pada Februari 2012 dari Pusat Studi Lingkungan Institut Pertanian Bogor.

Ia terjun ke politik pada 2004 bersama PDIP. Pada 2007, Marissa pindah ke PPP. Terakhir pada 2012 sampai 2024, ia tercatat sebagai anggota PAN.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler