Pertama Kali! Pejuang Irak Kirim Pesawat Tempur Serang Israel

Pesawat Irak dilaporkan menyusup ke wilayah pendudukan yang tak diduga militer Israel

AP/Murtadha Ridha
Pejuang dari Saraya Salam (Brigade Perdamaian) yang setia kepada ulama berpengaruh Syiah Irak Muqtada al-Sadr dikerahkan di Baghdad, Irak, Selasa, 30 Agustus 2022. Al-Sadr telah meminta para pendukungnya untuk mundur dari kuartal pemerintah ibukota. Para pendukungnya telah terlibat baku tembak dengan pasukan keamanan di sana dalam eskalasi serius dari krisis politik selama berbulan-bulan yang mencengkeram negara itu.
Red: A.Syalaby Ichsan

REPUBLIKA.CO.ID, BAGHDAD — Kelompok milisi Irak mengumumkan, mereka mengirimkan sebuah pesawat canggih untuk menyerang Israel di selatan Palestina yang diduduki pada Kamis (3/10/2024). Serangan lewat pesawat tempur ini dilakukan untuk pertama kalinya.

Baca Juga


Dalam sebuah pernyataan, kelompok perlawanan Islam tersebut menegaskan bahwa para pejuangnya akan terus menggunakan teknologi aviasi untuk menyerang benteng pertahanan penjajah dengan intensitas yang semakin meningkat.

Kelompok itu mengatakan operasi itu melanjutkan perlawanan kepada pendudukan, untuk mendukung rakyat di Palestina dan Lebanon. Hal tersebut dilakukan sebagai reaksi atas pembantaian para zionis yang telah merampas hak warga sipil, termasuk anak-anak, wanita, dan orang tua.

Informasi Al-Mayadeen menyoroti bahwa pesawat baru yang dikerahkan oleh Perlawanan Irak berhasil meraih kecepatan terbang yang lebih tinggi dan kemampuan peledak yang besar. Pesawat tersebut dirancang untuk bermanuver untuk melewati pertahanan udara demi misi infiltrasi cepat.

Menurut informasi tersebut, pesawat itu menyusup ke wilayah pendudukan dari perbatasan baru yang tidak terduga oleh militer pendudukan Israel.

Dalam konteks terkait, Abu Ali al-Askari, kepala Biro Keamanan Brigade Hizbullah Irak, memperingatkan, jika perang energi meletus, dunia akan kehilangan 12 juta barel minyak setiap hari."Entah semua orang menikmati sumber daya atau semua orang dirampas," tulisnya di saluran Telegram miliknya.

Pekan lalu, Abu Alaa al-Walaei, Sekretaris Jenderal Kataib Sayyed al-Shuhada Irak, mengungkapkan bahwa faksi-faksi Perlawanan di Irak hanya menggunakan 5% dari kemampuan mereka, dengan menunjukkan bahwa Perlawanan Irak memiliki kemampuan yang sama dengan yang dimiliki oleh Hizbullah dan Angkatan Bersenjata Yaman.

Irak tidak jauh dari eskalasi yang meningkat di timur tengah dan konfrontasi yang semakin intensif. Al-Walaei menggarisbawahi selama pidato di sebuah rapat umum di Baghdad untuk mendukung Lebanon di tengah agresi Israel yang sedang berlangsung di wilayah selatan negara tersebut dan wilayah Bekaa di timurnya.

Pemimpin Irak menyatakan solidaritas penuh dengan orang-orang Perlawanan di Gaza, Lebanon, dan Yaman terhadap serangan "paling biadab" yang dilakukan oleh "Israel", yang didukung dan dilindungi oleh Amerika Serikat.

Perlawanan akan melanjutkan pertempuran ini sampai akhir kecuali agresi Israel-Amerika terhadap Gaza dan Lebanon berhenti, al-Walaei bersumpah. Semua bukti, konfrontasi, dan prinsip-prinsip Ilahi menunjukkan kehancuran "Israel" yang tak terelakkan dan kekalahan AS, ungkapnya.

Ia menekankan bahwa selama bertahun-tahun konfrontasi dengan musuh Israel-Amerika, Perlawanan Irak telah mempersembahkan segelintir martir dan meraih banyak kemenangan. Dia menegaskan, dalam pertempuran ini, "kemenangan besar" akan diraih bagi Umat dan semua orang bebas di dunia.

Al-Walaei juga bersumpah untuk berpegang teguh pada jalan pembebasan Masjid al-Aqsa dan semua wilayah Palestina yang diduduki. "Betapa pun kerasnya musuh Zionis-Amerika mencoba memecah belah persatuan medan perang, kami akan tetap berkomitmen pada prinsip ini, yang telah membongkar doktrin pencegahan keamanan entitas pendudukan," tegasnya.

"Kami mengusir Amerika keluar dari Irak, dipermalukan dan dikalahkan, setelah sepuluh tahun bertempur, dan kami akan mengusir mereka sekali lagi dari Irak, Suriah, dan Asia Barat." "Darah komandan syuhada Qassem Soleimani dan Abu Mahdi al-Muhandis akan terus menghantui mereka," tegasnya.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler