Masih Masa Kampanye, Polres Bantul Minta Seluruh Pihak Diminta Jaga Kondusifitas

Masyarakat diharapkan menghindari informasi palsu selama berjalannya tahapan pilkada.

DPR RI
Pilkada serentak 2024 (ilustrasi)
Rep: Silvy Dian Setiawan Red: Karta Raharja Ucu

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Masa kampanye Pilkada 2024 masih terus berlangsung hingga 23 November 2024 nanti, termasuk di Kabupaten Bantul. Polres Bantul pun meminta seluruh elemen masyarakat menjaga kondusifitas selama masa kampanye berlangsung.

Kapolres Bantul, AKBP Michael R Risakotta mengatakan, baik peserta kampanye, maupun masyarakat luas diharapkan dapat bersinergi untuk menjaga tahapan pilkada berlangsung dengan aman dan kondusif.

“Kami berharap bagi peserta kampanye, bisa menjaga kondisi yang aman, sehingga tidak mengganggu kamtibmas,” kata Michael belum lama ini.

Selain itu, katanya, peran serta masyarakat juga sangat penting dalam menjaga kamtibmas selama berlangsungnya tahapan Pilkada 2024. Bahkan, Michael berpesan agar masyarakat tetap waspada dan berhati-hati jika menghadapi suatu masalah, utamanya yang berkaitan dengan pilkada.

“Jangan mudah terpancing emosi, karena apabila ada permasalahan dalam penyelenggaraan pemilu akan ditangani KPU. Dan bila terjadi pelanggaran, maka yang akan menangani adalah Bawaslu,” ucap Michael.

Tidak hanya itu, Michael juga berharap masyarakat dapat menghindari informasi palsu selama berjalannya tahapan pilkada. Masyarakat, katanya, harus bisa menyaring terlebih dahulu informasi yang diterima agar tidak terjadi gesekan selama berjalannya tahapan pilkada.

“Jangan langsung percaya berita di media sosial, berita yang bisa dipercaya adalah berita yang dibuat oleh wartawan,” jelas Michael.


BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler