Jejak Veronica Tan, dari Istri Ahok dan Kini Jadi Calon Menteri PPPA Prabowo

Veronica diminta untuk membantu melayani masyarakat utamanya terkait ibu dan anak.

Republika/Prayogi
Veronica Tan tiba di kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto, Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2024). Presiden Terpilih Prabowo Subianto memanggil sejumlah tokoh yang diyakini bakal menjadi calon menteri/kepala lembaga negara untuk pemerintahan baru ke depan.
Red: Teguh Firmansyah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden terpilih Prabowo Subianto telah memanggil mantan istri Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) Veronica Tan pada Senin (14/10/2024) malam. Veronica disebut-sebut bakal menjadi Menteri atau calon wakil Menteri.

Baca Juga


Lantas posisi apa yang akan diberikan kepada Veronica Tan?

Veronica tidak banyak bicara panjang soal posisinya di cabinet Prabowo-Gibran. Ia hanya memberi sinyal diminta untuk membantu presiden terpilih Prabowo buat melayani masyarakat, utamanya terkait ibu dan anak-anak.

"Soal ibu-ibu dan anak-anak. Tapi pastinya ditunggu Pak Prabowo," katanya.

Menilik informasi yang disampaikan Veronica, maka posisi yang paling memungkinkan adalah Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA). Posisi itu kini diembang oleh Bintang Puspayoga.  

Veronica datang sendirian ke kediaman Prabowo. Dia datang sekitar pukul 19:30 WIB. Sekitar 30 menit berada di dalam rumah Prabowo, Veronica keluar dan menyempatkan diri untuk diwawancara cegat oleh para awak media. Veronica tercatat menjadi nama ke-42 calon menteri yang dipanggil Prabowo, pada Senin (14/10/2024).

Nama Veronica naik menyusul perceraiannya dengan mantan gubernur DKI Jakarta, Ahok pada 2018 silam. Isu orang ketiga sempat membayangi alas an mengapa keduanya berpisah.

Pada awal 2024 lalu, Veronica sempat mengunggah sampul sebuah majalah. Isinya foto Veronica bersama Iriana Jokowi mengenakan pakaian batik.

Dalam keterangan di unggahannya tersebut, Veronica mengaku ditanya orang-orang mengenai pilihan politik di Pemilu 2024.

"Sengaja saya tidak membuat kalimat yang panjang dan penuh retorika ketika ditanya orang-orang mengenai pilihan Pemilu 2024 karena saya akan menjawabnya di waktu yang tepat," tulis Veronica dikutip Republika pada Kamis (8/2/2024).

Veronica lantas mengatakan dirinya tak sengaja menemukan kembali majalah lama. Veronica berkomitmen memilih pemimpin terbaik demi membuat semua anak merasa bangga tinggal di Indonesia.

Akun Kurawa dalam kicauannya pernah menulis bahwa Veronica dukungan pasangan Prabowo-Gibran. Informasi itu sekaligus menyangkal kabar sebelumnya bahwa Veronica mendukung Anies Baswedan. 

Tercatat Sudah 49 nama calon menteri yang dipanggil Presiden terpilih 2024, Prabowo Subianto, pada Senin (14/10/2024). Puluhan nama calon menteri tersebut, satu persatu dipanggil menghadap Prabowo di rumah kediamannya di Jalan Kertanegara IV di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (Jaksel).

Mereka yang dipanggil tersebut, banyak di antaranya adalah menteri aktif, juga dari kalangan profesional, dan akademisi, sampai para tokoh, dan elite partai politik (parpol).

Prabowo memanggil satu per satu para calon menterinya itu sejak menjelang sore sekitar pukul 15:00 WIB. Dari pantauan Republika, sampai dengan pukul 21:00 WIB, tercatat 49 nama yang sudah dipanggil untuk menghadap. Pemanggilan akan dilancutkan hari ini.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler