Ini Rundown Pelantikan, Pesta Rakyat, Hingga Pengumuman Kabinet Ahad Malam, Sniper Siaga

Prabowo dikabarkan akan mengumumkan kabinetnya pada Ahad (20/10/2024).

Republika/Thoudy Badai
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka memanjatkan doa usai menyampaikan pidato kemenangan menurut quick count di hadapan pendukungnya di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (14/2/2024).
Rep: Bayu Adji Prihammanda Red: Mas Alamil Huda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelantikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden Republik Indonesia periode 2024-2029 akan dilangsungkan pada Ahad (20/10/2024). Pelantikan dilakukan di Gedung DPR/MPR Jakarta mulai pukul 10.00 WIB hingga dhuhur.

Dalam rundown pelantikan yang diperoleh Republika, rangkaian pelantikan presiden akan dimulai pukul 10.00 WIB. Berikut rundown pelantikan Prabowo-Gibran, presiden dan wakil presiden terpilih 2024-2029.

Pukul 10.00-10.03 WIB: Menyanyikan lagu kebangsaan 'Indonesia Raya'

Baca Juga


Pukul 10.03-10.06 WIB: Mengheningkan cipta
Pukul 10.06-10.26 WIB: Pembukaan sidang paripurna dalam rangka pelantikan presiden dan wakil presiden RI periode 2024-2029 oleh Ketua MPR
Pukul 10.26-10.28 WIB: Pengucapan sumpah presiden RI
Pukul 10.28-10.30 WIB Pengucapan sumpah wakil presiden RI
Pukul 10.30-10.35 WIB: Penandatanganan berita acara pelantikan
Pukul 10.35-10.40 WIB: Penyerahan berita acara pelantikan

Pertukaran tempat duduk presiden dan wakil presiden RI periode 2024-2029 dengan presiden dan wakil presiden RI periode 2019-2024

Pukul 10.42-10.47 WIB: Pimpinan MPR melanjutkan memimpin sidang paripurna MPR
Pukul 10.47-11.05 WIB: Pidato presiden RI
Pukul 11.05-11.10 WIB Pimpinan MPR melanjutkan memimpin sidang paripurna MPR
Pukul 11.10-11.15 WIB: Pembacaan doa
Pukul 11.15-11.20 WIB: Penutupan sidang paripurna
Pukul 11.20-11.23 WIB: Lagu Kebangsaan 'Indonesia Raya'
Pukul 11.23 WIB: Sidang paripurna selesai.

Pegawai MPR melakukan gladi kotor pelantikan presiden dan wakil presiden di Ruang Rapat Paripurna I, Gedung Nusantara, Kompleks parlemen, Jakarta, Jumat (18/10/2024). Gladi tersebut dilakukan untuk persiapan menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih masa bakti 2024-2029 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka yang akan dilaksanakan pada Ahad (20/10/2024). - (Republika/Prayogi)

Pesta rakyat hingga sniper siaga..

 

Di luar gedung DPR/MPR, tepatnya di Sudirman-Thamrin akan digelar pesta rakyat dan panggung hiburan. Peralihan kepemimpinan nasional ini juga akan dilakukan dengan pengamanan ketat. Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jakarta telah memberikan informasi bahwa kegiatan car free day (CFD) pada hari pelantikan presiden tidak akan dilaksanakan pada momen pelantikan presiden.

Menurut dia, pesta rakyat itu akan digelar sejak pukul 08.00 WIB. Rencananya, pesta rakyat itu akan terbagi dalam tiga sesi, yaitu pukul 08.00 WIB, pukul 10.00 WIB, dan pukul 14.00 WIB. "Ini mulai jam 08.00 sampai dengan 14.00. Ini sepanjang hari itu akan dilakukan pesta rakyat," kata Latif, Jumat (18/10/2024).

Berdasarkan informasi yang dihimpun Republika, akan ada 14 titik lokasi kegiatan pesta rakyat di sepanjang Jalan Sudirman hingga Jalan Medan Medeka yang diinisiasi oleh BUMN. Sejumlah kegiatan yang akan digelar adalah door prize, hiburan musik, stand makanan rakyat, pameran UMKM, dan bazar.

Adapun sebaran lokasi kegiatan itu adalah di area FX Sudirman, area Gate 7 GBK, area Kantor Pusat BRI, Intiland, area Stasiun MRT Setiabudi Astra, area Graha BNI Dukuh Atas, area Grand Hyatt Bundaran HI, area setelah Kedutaan Jepang, area Patung Kuda, area depan Museum Nasional, area Patung Kuda, area anjungan Sarinah, area depan Mandarin Oriental Hotel, dan area depan Chillax.

Latif mengimbau masyarakat yang menggunakan kendaraan bermotor untuk berhati-hati. Pasalnya, di sepanjang jalan itu akan digunakan oleh pengunjung yang akan menghadiri melihat pesta rakyat. Menurut dia, polisi telah menyediakan sejumlah kantong parkir, seperti Parkir Timur Senayan, IRTI, dan beberapa gedung di sepanjang jalur Sudirman-Thamrin. Namun, ia menyarankan agar masyarakat menggunakan transportasi umum apabila hendak hadir dalam pesta rakyat itu.

"Kalau boleh saya mengimbau, orang yang akan hadir ke pesta rakyat tersebut, saya mengimbau menggunakan angkutan umum. Ada MRT, ada Transjakarta, ada LRT, silakan gunakan angkutan-angkutan umum tersebut," kata dia.

Pengamanan tingkat tinggi

TNI akan menerjunkan 100 ribu personel dalam pengamanan VVIP pelantikan presiden dan wakil presiden. Bahkan, TNI juga menyiagakan pasukan penembak jitu (sniper) dan antidrone dalam pengamanan tersebut. Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto mengatakan, pihaknya akan mengerahkan seluruh potensi yang ada untuk melakukan pengamanan. Salah satunya adalah pasukan sniper dan antidrone. "Ya jadi semua kita kerahkan untuk pengamanan, khususnya VVIP untuk ring 1 dari Paspampres lengkap dengan sniper dan antidrone dan ring 2, 3, pasukan TNI dan kepolisian," kata dia.

Tak hanya itu, TNI juga melakukan mitigasi serangan siber saat pelantikan berlangsung. Menurut dia, pihaknya juga terus berkoordinasi dengan aparat kepolisian dan satuan di kementerian untuk mengantisipasi serangan siber saat hari H. "Ya kita selalu memantau dengan satuan siber yang kita punya, dan koordinasi dengan yang ada di Polri, dengan di kementerian," ujar dia.

Diketahui, terdapat 11 satuan tugas (satgas) TNI yang tergabung dalam Komando Gabungan Terpadu Pengamanan (Kogabpadpam), yaitu Satgas Pamwil Jakarta (Kodam Jaya), Satgas Pam VVIP (Paspampres), Satgas Passus (Kopassus), Satgas Penerangan (Puspen TNI), Satgas Medis (Puskes TNI), Satgas Intel (Bais), Satgas Laut (Koarmada I), Satgas Udara (Koopsud I), Satgas Komlek (Satkomlek TNI), Satgas Siber (Siber TNI), dan Mabes TNI.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menambahkan, total personel Polri yang melaksanakan kegiatan pengamanan berjumlah sekitar 15 ribu orang. Belasan ribu personel itu disebut telah mulai bertugas untuk melakukan pengamanan di lapangan. "Dalam apel gelar pasukan ini kurang lebih 2.000 personel. Karena yang lain sudah kita tugaskan untuk melaksnakan di titik masing-masing," kata dia.

Listyo menjelaskan, terdapat delapan satgas yang dilibatkan dalam pengamanan VVIP pelantikan presiden dan wakil presiden. Sejumlah satgas itu akan bertugas untuk melakukan antisipasi potensi kerawanan yang ada. "Tentu yang harus kita antisipasi adannya potensi masyarakat yang akan melaksanakan kegiatan. Tentunya ada yang ikut bergabung dalam menyambut rencana pelantikan termasuk mungkin mendoakan, di sisi lain juga ada kelompok-kelompok yang kita pantau yang akan melaksanakan kegiatan aksi," ujar dia.

Karena itu, aparat TNI dan Polri akan terus berupaya untuk melakukan mitigasi. Dengan begitu, pelantikan presiden dan wakil presiden diharapkan dapat berjalan lancar.

Prajurit TNI mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Pengamanan VVIP Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI Tahun 2024 di lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Jumat (18/10/2024). - (Republika/Thoudy Badai)

Pengumuman kabinet Ahad malam..

 

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) M Tito Karnavian menjadi salah satu calon menteri dalam kabinet Prabowo Subianto. Namun, Tito masih belum jelas posisi yang akan diembannya pada pemerintahan periode 2024-2029. Tito juga enggan menyebutkan posisinya dalam kabinet Prabowo mendatang.

Menurut dia, Prabowo adalah orang yang berhak untuk mengumumkan nama-nama menteri dalam kabinetnya. "Saya lebih baik enggak ngomong tentang itu. Itu kewenangan Pak Presiden, saya enggak berani," kata Tito di kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Jumat (18/10/2024).

Mantan kepala Polri itu menjelaskan, Prabowo pasti akan mengumumkan nama-nama menterinya tak lama setelah pelantikan pada Ahad (20/10/2024). Diperkirakan, pengumuman nama-nama menteri Prabowo akan dilakukan pada Ahad sore atau malam WIB.

"Nanti yang mengumumkan Bapak Prabowo sendiri. Tanggal 20 (Oktober) saya denger pelantikan pagi, sorenya atau malamnya, kalau tidak salah, para calon menteri akan dikenalkan kepada publik," kata Tito.

Prabowo akan dilantik menjadi presiden di Gedung DPR/MPR pada Ahad pagi. Jelang pelantikan, Prabowo juga telah memanggil dan memberikan pembekalan kepada para calon menteri dan wakil menteri dalam kabinetnya.

Prabowo Subianto didampingi Gibran Rakabuming Raka berfoto bersama dengan sejumlah calon tokoh calon menteri atau kepala lembaga negara seusai pembekalan di Padepokan Garuda Yaksa, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/10/2024). - (Dok Republika)

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler