Ditunjuk Jadi Menlu, Berikut Rekam Jejak Sugiono

Terdapat tiga wakil menteri yang akan mendampingi Sugiono.

Republika/Prayogi
Politisi Partai Gerindra Sugiono tiba di kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto, Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2024). Presiden Terpilih Prabowo Subianto memanggil sejumlah tokoh yang diyakini bakal menjadi calon menteri/kepala lembaga negara untuk pemerintahan baru ke depan.
Red: Teguh Firmansyah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sugiono resmi ditunjuk sebagai Menteri Luar Negeri RI oleh Prabowo Subianto yang pada Minggu pagi telah dilantik sebagai Presiden RI bersama Gibran Rakabuming Raka yang turut ambil sumpah sebagai Wakil Presiden RI.

Baca Juga


Pengumuman tersebut disampaikan Prabowo usai jamuan makan malam bersama para calon menteri dan wakil menteri di Istana Negara Jakarta, Minggu malam.

Presiden turut mengumumkan politisi Partai Gelora Anis Matta, Wakil Tetap RI untuk PBB Arrmanatha Nasir, dan Duta Besar RI untuk Jerman Arif Havas Oegroseno akan menjabat sebagai wakil menteri luar negeri.

Ketiga Wamenlu akan membantu Sugiono, yang pada periode 2019—2024 bertugas sebagai Wakil Ketua Komisi I DPR RI, menjalankan tugasnya menakhodai diplomasi nasional sebagai Menlu RI pada Kabinet Prabowo, yang diberi nama “Kabinet Merah Putih.”

Sugiono sebelumnya mengaku siap ditempatkan di posisi manapun untuk mendukung pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, usai bertemu dengan Prabowo di kediamannya di kawasan Kartanegara IV, Jakarta Selatan, Senin (14/10).

"Saya prajurit, apapun yang diberikan tugas kepada saya akan laksanakan sebaik baiknya dengan penuh tanggung jawab," kata Sugiono saat itu.

Sugiono diketahui telah bertugas menyambut tamu negara yang datang ke Tanah Air untuk upacara pelantikan Prabowo-Gibran, Sabtu (19/10). Ia menyambut Utusan Khusus Presiden Uni Emirat Arab Nahyan bin Mubarak Al-Nahyan yang tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Sementara itu, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad memastikan menteri-menteri yang diumumkan Presiden Prabowo malam ini bakal langsung dilantik sebagai menteri pada Senin (21/10) pagi, sementara untuk para wakil menteri, yang juga diumumkan malam ini, akan dilantik pada Senin sore hari.

Beberapa hari sebelum pelantikan, Prabowo telah memanggil 100 orang lebih untuk calon menteri, calon wakil menteri, dan calon kepala badan ke kediaman pribadinya di Jalan Kartanegara Nomor 4, Jakarta Selatan.

Prabowo juga memberi pembekalan kepada mereka selama dua hari di kediamannya yang berada di Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Jejak Sugiono

Politikus Gerindra kelahiran Takengon, Aceh, pada 11 Februari 1979 ini merupakan lulusan SMA Taruna Nusantara pada tahun 1997. Saat ini, Sugiono menjabat sebagai Ketua Lembaga Perguruan Taman Taruna Nusantara (LPTTN) serta Wakil Ketua Komisi I DPR RI.

 

Sugiono, yang kini berusia 45 tahun, menghabiskan masa kecilnya di Aceh. Ia menempuh pendidikan dasar di SDN 1 Takengon dari 1985 hingga 1991, kemudian melanjutkan ke SMPN 3 Banda Aceh dari 1991 hingga 1994.

Setelah menyelesaikan pendidikan di SMP, Sugiono melanjutkan studinya di SMA Taruna Nusantara Magelang pada 1994 hingga 1997. Cita-citanya untuk menjadi seorang prajurit mendorongnya mendaftar sebagai calon taruna AKABRI.

Saat itu, Danjen Kopassus Mayor Jenderal TNI Prabowo Subianto meluncurkan program pengiriman alumni SMA Taruna Nusantara ke perguruan tinggi militer di Amerika Serikat melalui beasiswa.

Keinginannya menjadi prajurit TNI Angkatan Darat dan kesempatan belajar di luar negeri mendorongnya untuk mendaftar. Sugiono berhasil lulus seleksi dan mengikuti pendidikan sebagai kadet di Norwich University, kampus militer tertua di Amerika Serikat.

Saat masa pendidikannya di Amerika Serikat, ia meraih gelar sarjana dari program studi teknik komputer di Norwich University, dan sempat tinggal serta bekerja di Rhode Island.

Setelah kembali ke Indonesia, Sugiono melanjutkan pendidikan calon perwira TNI (Semapa PK) di Akademi Militer Magelang. Ia lulus pada tahun 2002 dan dilantik sebagai Letnan Dua korps Infanteri.

Pada saat menjadi prajurit, Sugiono pernah menjabat sebagai sekretaris pribadi Prabowo Subianto sebelum pembentukan Partai Gerindra. Ia sudah dipercaya untuk mendampingi Prabowo sejak lama.

Tak lama setelah itu, Sugiono terjun ke dunia politik sebagai anggota Dewan Pendiri Partai Gerindra dan aktif sebagai kader sejak 2008. Ia kemudian menjabat sebagai Wakil Ketua Umum dan Harian DPP Gerindra untuk periode 2020-2025. Selain itu, antara 2021 hingga 2024, ia juga menjabat sebagai Ketua Fraksi Gerindra di MPR RI.

Dapat diketahui, Sugiono dikenal sebagai salah satu anak ideologis Prabowo, berkat kecerdasannya dan posisinya sebagai orang terdekat Presiden terpilih Prabowo Subianto.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Berita Terpopuler