Roberto Mancini Mundur dari Timnas Arab Saudi, Pelatih Baru Lawan Indonesia Bulan Depan

Indonesia akan menjamu Arab Saudi di Jakarta pada 19 November.

AP Photo/Aijaz Rahi
Roberto Mancini memutuskan mundur dari jabatannya sebagai pelatih Arab Saudi.
Red: Israr Itah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Roberto Mancini tidak lagi mendampingi Arab Saudi dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Ia telah meninggalkan perannya sebagai pelatih Arab Saudi setelah kontraknya berakhir dengan kesepakatan bersama dengan Federasi Sepak Bola Arab Saudi.

Baca Juga


Keputusan ini diumumkan pihak Saudi pada Jumat (25/10/2024) dini hari WIB. Di bawah asuhan Mancini, Saudi tersingkir dari Piala Asia di babak 16 besar awal tahun ini setelah kalah dalam adu penalti dari Korea Selatan. Arab Saudi juga tak menjanjikan dalam empat pertandingan Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2016 Zona Asia dengan mengumpulkan nilai lima. Pada laga perdana, Saudi ditahan imbang Indonesia 1-1.

"Dewan Direksi Federasi Sepak Bola Saudi dan pelatih tim nasional, Roberto Mancini asal Italia mencapai kesepakatan bersama pada hari Kamis untuk mengakhiri hubungan kontraktual," demikian kabar tersebut diunggah oleh tim nasional Saudi di platform media sosial X.

Saudi berada di urutan ketiga Grup C babak ketiga penyisihan Piala Dunia Asia dengan lima poin. Mereka terpaut lima poin dari pemimpin grup Jepang setelah empat pertandingan.

Saudi kalah 2-0 di kandang sendiri dari Jepang pada 10 Oktober sebelum ditahan imbang tanpa gol oleh Bahrain lima hari kemudian dalam dua laga terakhir.

Ini berarti Saudi akan bersama pelatih baru saat menghadapi Indonesia pada bulan depan. Indonesia akan menjamu Arab Saudi di Jakarta pada 19 November 2024.

Dua tim teratas di setiap grup melaju otomatis ke Piala Dunia sementara tim yang berada di posisi ketiga dan keempat akan masuk ke babak keempat penyisihan, sementara dua tim terbawah tersingkir.

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Berita Terpopuler