REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Instagram Indonesia meluncurkan fitur belanja untuk semua akun bisnis dan kreator di Indonesia, Selasa (6/10). Fitur tersebut bertujuan untuk memaksimalkan strategi pemasaran pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Indonesia. Fitur belanja juga tersedia di IGTV sehingga memberikan opsi lebih banyak bagi pebisnis dan kreator dalam menciptakan konten menarik untuk menjual produknya.
Berdasarkan data, sekitar 90 persen pengguna Instagram mengikuti setidaknya minimal satu akun bisnis. Hal itu menunjukkan bahwa pengguna menggunakan Instagram juga untuk eksplorasi minat mereka, terutama bisnis yang disukai.
“Para pengguna tak hanya terinspirasi tapi juga melihat konten kreator mereka, karena itu kami ingin bantu supaya interaksi pembeli, pebisnis, dan kreator terjadi lebih mudah,” kata Country Director Facebook di Indonesia, Pieter Lydian dalam Peluncuran Fitur Instagram Shopping di Indonesia, Selasa (6/10).
Peluncuran fitur Shopping dilakukan secara bertahap. Sejak Juli, Instagram sudah melakukan uji coba di sejumlah toko. Berdasarkan hasil uji coba, fitur ini terbukti memudahkan pengguna menemukan toko favoritnya, sehingga UMKM bisa menjangkau konsumen.
“Hari ini, Instagram secara global memberikan pembaruan terbaru untuk fitur Shopping,” ujar Pieter.
Seluruh fitur bisa diintegrasikan ke Facebook Shop sehingga UMKM bisa membangun bisnis secara bersamaan. Instagram akan terus berinovasi menghadirkan produk, pelatihan, dan platform yang bisa dimanfaatkan pengguna di Indonesia menemukan dan berinteraksi dengan teman, keluarga, dan bisnis favoritnya.