Jumat 19 Feb 2021 06:29 WIB

STBA LIA Kerja Sama dengan Universitas di Korea

NSU dinilai memiliki keunggulan akademik untuk menciptakan akademik internasional.

Red: Bilal Ramadhan
Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA LIA) Jakarta  melakukan penandatanganan kerja sama dengan Namseoul University (NSU), Cheonan, Korea Selatan, Kamis (18/2).
Foto: Istimewa
Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA LIA) Jakarta melakukan penandatanganan kerja sama dengan Namseoul University (NSU), Cheonan, Korea Selatan, Kamis (18/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA LIA) Jakarta  melakukan penandatanganan kerja sama dengan Namseoul University (NSU), Cheonan, Korea Selatan, Kamis (18/2). MoU ini mencatat tonggak kemitraan bersejarah di dunia pendidikan antara Indonesia dan Korea di masa pandemi Covid-19.

Seperti diketahui, pandemi Covid-19 yang telah melanda seluruh dunia selama hampir setahun telah melahirkan krisis multidimensi. Dunia pendidikan menjadi salah satu bidang yang paling terdampak wabah ini.

Meski demikian, perguruan tinggi di seluruh dunia harus tetap 'fight' dan melakukan banyak terobosan. Hal tersebut tidak dapat dilakukan sendiri melainkan bekerjasama dengan perguruan tinggi lain.

Kemitraan/kerjasama dengan lembaga akademik lainnya di seluruh dunia bukan lagi merupakan suatu pilihan, tetapi suatu kebutuhan. Sebagaimana pepatah Korea, '백지장 도 맞들면 낫다' (baekjijangdo matdeulmyeon natda) yang berarti dua kepala/pemikiran lebih baik dari satu. Bekerja bersama dalam suatu tugas akan jauh lebih baik, tidak peduli betapapun mudah kelihatannya.