REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat ini, media sosial banyak digunakan warganet untuk melihat pendapat-pendapat atau penilaian akan suatu produk maupun jasa, salah satunya ialah jasa pengiriman. Perkembangan teknologi dapat memudahkan setiap orang melakukan aktivitas sehari-hari mereka, dengan memanfaatkan teknologi di bidang ilmu text mining atau dalam istilah lain menggali teks. Sehingga kita dapat mengetahui informasi yang dibutuhkan hanya dari media sosial, seperti Instagram.
Dalam penelitian ini, dosen Universitas Nusa Mandiri (UNM) prodi Sains Data Nanang Ruhyana melakukan penambangan data (data mining) untuk mengetahui sebuah teks di media sosial khususnya Instagram, agar dapat dijadikan sebagai rujukan dalam memilih jasa pengiriman yang bagus dan kurang bagus.
Menurut Nanang, pada media sosial, terdapat beragam informasi yang tersaji baik berupa teks, gambar, suara, ataupun video. Semuanya tidak terlepas dari teks yang digunakan untuk memberikan informasi di media sosial. Media sosial yang akan digunakan dalam penggalian teks dalam penelitian ini yakni Instagram.
Instagram merupakan platform media sosial yang banyak digunakan, maka dapat dijadikan rujukan dalam menganalisis komentar warganet. "Penelitian ini bertujuan untuk menentukan jasa pengiriman terbaik dari penilaian konsumen," kata Nanang.
Pada penelitian ini, telah dilakukan sebuah analisis dengan ilmu text mining sehingga didapat sebuah kesimpulan komen-komen yang bersentimen negatif atau positif.
Dari komentar tersebut, menghasilkan pengklasifikasian untuk memisahkan komentar yang bermuatan negatif atau positif, atas jasa pengiriman yang kurang bagus atau kurang bagus untuk dipakai.