Selasa 15 Feb 2022 20:39 WIB

Pakar Virus Beri Peringatan Soal Varian Baru Covid-19

Saat lebih banyak varian baru muncul, apakah kita siap menghadapinya?

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Pakar virus beri peringatan soal varian baru Covid-19 (ilustrasi)
Foto: Public Domain Pictures
Pakar virus beri peringatan soal varian baru Covid-19 (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pandemi Covid-19 terus berlanjut. Angka kejadian yang tadinya mulai melandai kembali merangkak naik.

"Itu belum selesai dengan kita," ujar Direktur Pusat Penelitian dan Kebijakan Penyakit Menular di University of Minnesota, dr Michael Osterholm, seperti dilansir di laman Eat This Not That, Selasa (15/2/2022).

Baca Juga

Menurutnya, tak seperti influenza, ketika ada pandemi virus influenza baru terjadi, virus itu berpindah dari hewan ke manusia. Ia menetap di manusia dan akhirnya virus itu menjadi infeksi virus yang lebih ringan. "Itu menjadi bagian dari flu musiman," kata dia.

Mereka mengaku telah menyaksikan virus SARS-CoV-2 melompat ke banyak spesies hewan. Mereka telah berbicara tentang masalah infeksi rusa berekor putih, yang luar biasa.

"Sekarang kami memiliki reservoir baru, istilah yang kami gunakan untuk menyebut tempat virus mungkin berada, di mana mutasi dapat terjadi," ujarnya.

Varian baru

Masih ada tantangan nyata dengan virus ini yang tidak kita pahami. Akan ada lebih banyak varian muncul. "Itu bisa sangat bermasalah," katanya.

Pada saat lebih banyak varian baru muncul, apakah kita siap menghadapinya lagi? "Omicron, yang benar-benar merusak banyak sistem perawatan kesehatan kita di seluruh negeri," ujar Osterholm.

Dua pandemi

Saat ini, kita memiliki dua pandemi yang terjadi secara bersamaan di negara ini dan sebagian besar dunia. Salah satunya adalah dampak sebenarnya dari virus itu sendiri dan korban mengerikan yang ditimbulkannya. Tapi yang kedua adalah pandemi kekurangan energi. kepercayaan.

"Saya pikir kami melihatnya dengan pemerintah. Kami melihatnya pasti dengan komunitas kesehatan masyarakat dan bahkan sampai batas tertentu di komunitas medis," kata Osterholm.

Yang terakhir ini bisa sama berbahayanya dengan virus itu sendiri karena itu berarti virus ini dapat melakukan banyak hal yang mungkin tidak bisa dilakukan.

Lindungi diri

Orang melakukan banyak hal untuk melindungi diri mereka sendiri. Menurut Osterholm mereka harus memahami dengan siapa mereka melakukan kontak. Mereka harus tahu bahwa memakai respirator N95 dapat melakukan banyak hal untuk mengurangi risiko mereka.

Selain itu, menurutnya, jika Anda mengalami gangguan kekebalan, Anda harus memiliki empat dosis vaksin itu. "Bukan hanya tiga tetapi empat dosis. Jadi masih ada perlindungan semacam itu," kata dia.

Kepala Penasihat Medis untuk Presiden dan Direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular, dr Anthony Fauci, mengatakan kita akan berada di tempat yang lebih baik untuk pandemi pada masa depan. "Kami tidak hanya memiliki pengalaman luar biasa dari apa yang telah kami lalui, tetapi kami juga memiliki sejumlah orang yang telah mengerjakan hal-hal seperti vaksin pan-coronavirus, multipleks, diagnostik, penemuan, dan pengembangan antivirus yang sedang berlangsung saat ini dalam persiapan untuk wabah berikutnya," jelasnya.

Jadi Anda tidak banyak mendengar tentang itu karena semua orang dapat dimengerti dan dengan tepat berfokus pada tantangan Covid-19. Tapi sudah ada banyak hal yang terjadi dalam persiapan untuk apa yang pasti akan terjadi. "Meskipun kita tidak tahu kapan, tapi mau tidak mau kita akan mendapatkan pandemi lagi," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement