Senin 19 Dec 2022 17:38 WIB

Tren dan Karakteristik Unik Gen Z di Instagram Sepanjang 2022  

Penggunaan fitur Avatar terus meningkat di kalangan Gen Z di Instagram.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Logo Instagram. Sebanyak 3,2 miliar atau 41 persen dari populasi dunia adalah Gen Z.
Foto: AP Photo/Jenny Kane
Logo Instagram. Sebanyak 3,2 miliar atau 41 persen dari populasi dunia adalah Gen Z.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Instagram telah merilis laporan bertajuk "Yang dicintai Gen Z Indonesia di Instagram". Melalui laporan tersebut, Instagram menyoroti hal-hal yang paling diminati Gen Z tahun ini, termasuk tren dan topik yang diikuti generasi tersebut di aplikasinya.

Hasil laporan tersebut merujuk kepada data internal Instagram dan bekerja sama dengan perusahaan survei konsumen, Populix. Survei yang dilakukan menjangkau sebanyak 2.000 pengguna Instagram berusia 18-25 tahun yang tersebar di 22 kota di Indonesia.

Baca Juga

Direktur kemitraan kreator untuk Meta Indonesia dan Asia Tenggara, Revie Sylviana, mengatakan bahwa 3,2 miliar atau 41 persen dari populasi dunia adalah Gen Z. Itu menjadikan mereka generasi yang sangat penting bagi industri digital, termasuk di Instagram.

"Mereka memiliki kekuatan untuk menciptakan tren dan mengarahkan percakapan mengenai kultur-kultur yang tengah populer. Kami menjabarkan deretan fitur, musik, dan tagar yang paling banyak digunakan Gen Z di Instagram tahun ini, dan merangkum karakterisasi unik yang akan membedakan mereka dengan generasi sebelumnya," kata Revie lewat pernyataan resminya.