HUT Ke-78 DPR, Puan Ungkap Dewan Terima Ribuan Aduan Rakyat Selama Setahun

DPR selalu berusaha menjalankan amanat rakyat dalam menyerap seluruh aspirasi

Selasa , 29 Aug 2023, 13:14 WIB
Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) hari ini genap berusia 78 tahun. Ketua DPR RI Puan Maharani bersama dengan Ketua DPR RI Ke-16 Agung Laksono dalam Rapat Paripurna HUT ke-78 DPR digelar di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, pada Selasa (29/8/2023).

Puan juga mengungkap fungsi pengawasan yang selama ini dilakukan DPR di mana lembaga legislatif tersebut telah melakukan pengawasan terhadap berbagai kebijakan dan program pemerintah dalam melaksanakan UU yang berkaitan dengan pemenuhan hak-hak politik, sosial, ekonomi, budaya, spiritual, dan ketertiban umum di masyarakat. 

"Fungsi pengawasan DPR RI dilaksanakan melalui Rapat Kerja, Rapat Dengar Pendapat, Rapat Dengar Pendapat Umum, Panitia Kerja, Panitia Khusus Pengawasan, Tim Pemantau, serta kunjungan kerja ke daerah dan luar negeri. Dari 50 Panitia Kerja yang telah dibentuk, 21 di antaranya telah dinyatakan selesai," tutur Puan. 

Lebih lanjut, DPR pun telah menjalankan peran diplomasi parlemen dengan cara menghadiri dan berpartisipasi dalam pertemuan forum antarparlemen dan nonparlemen. Puan mengatakan, diplomasi parlemen itu dilakukan baik tingkat internasional maupun regional, serta melalui kegiatan diplomasi bilateral.

"Serangkaian kegiatan diplomasi yang dilakukan DPR RI adalah untuk memperkuat politik luar negeri Indonesia dan menempatkan posisi Republik Indonesia yang semakin kuat dalam memperjuangkan kepentingan nasional di tingkat regional dan global," papar cucu Bung Karno tersebut. 

Dalam Rapat Paripurna hari ini, Puan mengajak seluruh hadirin untuk memanjatkan doa kepada tiga anggota dewan yang telah wafat dalam menjalankan tugas konstitusionalnya sebagai anggota DPR RI. Ketiganya adalah, Muhammad Rapsel Ali, Desmond Junaidi Mahesa dan Bambang Kristiono. 

Usai penyampaian pidato, Puan lalu menyampaikan buku laporan kinerja DPR kepada ke ketua BPK RI Isma Yatun, Ketua KY Amzulian Rifai, pimpinan MPR RI yang diwakili Ketua MPR Ahmad Basarah, pimpinan DPD RI diwakili Wakil Ketua DPD Nono Sampono, dan Hakim Agung Syamsul Maarif yang mewakili MA.

Buku laporan kinerja juga diberikan Puan kepada ketua DPR periode sebelumnya yang diwakili oleh Agung Laksono dan kepada ketua-ketua fraksi DPR RI saat ini.

Selain Rapat Paripurna khusus, DPR turut menggelar beragam acara menarik lainnya dalam rangkaian peringatan HUT ke-78. Antara lain aksi donor darah bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI), bazar dan pasar murah yang diadakan oleh Persatuan Istri Anggota (PIA). Bahkan acara bazar yang dihelat di Gedung DPR dimeriahkan olehbpenampilan dari penyanyi Melly Goeslow. 

"Marilah kita setia pada komitmen menjalankan tugas negara dan kerja bersama membangun lembaga DPR RI yang dipercaya rakyat dan dicintai rakyat. Dirgahayu DPR RI ke-78," ucap Puan.

 

Usai Puan menutup Rapat Paripurna, kemudian dinyanyikan lagu Selamat Ulang Tahun versi Jamrud. Lagu tersebut dibawakan oleh Korps Musik Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN).