Kamis 01 Aug 2024 19:19 WIB

Emisi Metana Semakin Meningkat, Ilmuwan Khawatir

Dunia saat ini terlalu berfokus pada emisi karbon dioksida.

Rep: Mgrol152/ Red: Satria K Yudha
Ilustrasi pemanasan global.
Foto: republika
Ilustrasi pemanasan global.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA– Emisi global metana, gas yang sangat kuat yang memanaskan planet, meningkat dengan cepat dengan laju tercepat dalam beberapa dekade terakhir. Kondisi ini membutuhkan tindakan segera untuk membantu mencegah eskalasi yang berbahaya dalam krisis iklim.

Dikutip dari laman The Guardian, Kamis (1/8/2024), berdasarkan hasil penelitian, emisi metana yang bertanggung jawab atas separuh dari pemanasan global, telah meningkat secara signifikan sejak sekitar tahun 2006 dan akan terus bertambah, kecuali jika ada langkah-langkah baru yang diambil untuk mengurangi polusi ini. Penelitian ini ditulis oleh lebih dari selusin ilmuwan dari seluruh dunia dan diterbitkan pada Selasa (30/7/2024).

Baca Juga

Berdasarkan studi yang diterbitkan di Frontiers in Science, dunia saat ini terlalu berfokus pada emisi karbon dioksida sebagai pendorong utama kenaikan suhu global. Sementara itu, saat ini tidak banyak yang telah dilakukan untuk mengatasi metana, meskipun memiliki kekuatan pemanasan 80 kali lipat dari CO2 dalam 20 tahun pertama setelah mencapai atmosfer.

“Laju pertumbuhan metana semakin cepat, dan ini mengkhawatirkan. Dalam beberapa tahun terakhir kita memiliki timbunan metana yang sangat besar. Hal ini membuat pekerjaan mengatasi pemanasan antropogenik menjadi lebih menantang,” kata Drew Shindell, seorang ilmuwan iklim di Duke University dan penulis utama penelitian ini.

Pada tahun 2020-an, emisi metana global sekitar 30 juta ton lebih tinggi setiap tahun dibandingkan dengan dekade sebelumnya, dengan rekor tahunan emisi metana yang dipecahkan pada tahun 2021 dan sekali lagi pada tahun 2022. Meskipun tidak ada alasan yang jelas untuk hal ini, para ilmuwan menunjukkan sejumlah faktor.

Metana berasal dari pengeboran dan pemrosesan minyak, gas, dan batu bara, dengan ledakan fracking yang menyebabkan banyaknya proyek gas baru di abad ini. Gas ini juga dihasilkan dari hewan ternak, terutama melalui sendawa sapi, dan peningkatan peternakan, serta perluasan produksi beras pada tingkat yang lebih rendah, juga turut berkontribusi.

Sementara itu, peningkatan panas global menyebabkan penguraian bahan organik di lahan basah menjadi lebih cepat, sehingga melepaskan lebih banyak metana.

Pada tahun 2021, AS dan Uni Eropa mempelopori inisiatif baru, yang disebut Global Methane Pledge, yang berkomitmen untuk mengurangi emisi metana secara kolektif sebesar 30 persen pada tahun 2030. Skema ini sekarang telah diperluas ke 155 negara, namun hanya 13 persen emisi yang tercakup dalam kebijakan saat ini dan hanya 2 persen dari pendanaan iklim global yang digunakan untuk mengurangi emisi metana.

“Saya rasa target tersebut belum tentu di luar jangkauan, namun kita harus melipatgandakan upaya kita untuk mencapainya,” ujar Shindell.

Meskipun CO2 dapat bertahan di atmosfer selama ratusan atau ribuan tahun, kecuali jika dihilangkan, metana merupakan ancaman yang berumur lebih pendek. Jika semua emisi metana segera dikurangi, 90 persen dari akumulasi metana akan meninggalkan atmosfer dalam waktu 30 tahun, memberikan cara yang lebih cepat untuk mengurangi pemanasan global daripada hanya berfokus pada karbon dioksida.

Penelitian baru ini menguraikan sejumlah tindakan yang harus dilakukan oleh negara-negara, termasuk menghubungkan upaya pengurangan CO2 dan metana dengan lebih baik dan mengidentifikasi proyek-proyek pengurangan metana yang paling efektif dalam situasi tertentu.

Pekan lalu, Gedung Putih mengadakan pertemuan puncak untuk mengurangi “polutan super” yang mencakup metana. Pertemuan tersebut menguraikan langkah-langkah seperti pemantauan yang lebih baik, termasuk penempatan sensor metana di pesawat komersial United Airlines, dan campuran program filantropi dan peraturan yang bertujuan untuk menurunkan emisi.

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement