Senin 26 Aug 2024 17:24 WIB

Ketika Transisi Energi Mengorbankan Masyarakat dan Satwa

Mereka yang tinggal di Gurun Thar terdampak keberadaan turbin.

Rep: Lintar Satria / Red: Satria K Yudha
 Turbin angin di Gurun Thar, India, yang dinilai merugikan kehidupan para peternak setempat.
Foto: Idrees Mohammed/AFP
Turbin angin di Gurun Thar, India, yang dinilai merugikan kehidupan para peternak setempat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAISALMER -- Pembangkit listrik tenaga angin di gurun Thar India memasok energi terbarukan bagi negara terpadat di dunia. Namun mereka yang tinggal di gurun itu terdampak keberadaan turbin.

Hal ini menunjukkan ketidakseimbangan di negara penghasil emisi karbon ketiga dunia dalam upaya meningkatkan kapasitas energi ramah lingkungan. "Perusahaan-perusahaan besar datang ke sini dan membangun turbin angin, tapi itu tidak berguna bagi kami," kata penggembala berusia 65 tahun Nena Ram, seperti dikutip dari France24, Senin (26/8/2024).

Ram menggambarkan sistem pertanian kuno yang dijungkirbalikkan oleh turbin-turbin raksasa. India dilanda cuaca ekstrem yang dipicu perubahan iklim seperti kekeringan, gelombang panas, dan banjir.

Namun, bagi warga yang tinggal di wilayah energi terbarukan diproduksi, mereka merasa harus dikorbankan bagi kebaikan banyak orang. Di barat Negara Bagian Rajasthan, di mana sebagian besar gurun Thar berada, warga kehilangan lahan penggembalaan. Turbin juga merusak hutan suci yang mereka sebut "orans."

Oasis gurun yang dilindungi masyarakat selama berabad-abad menampung air yang sangat penting bagi perekonomian mereka yang bergantung pada peternakan unta, sapi, dan kambing. Namun, para penggembala mengatakan truk-truk konstruksi berat merusak sumber-sumber air, mengurangi padang rumput, dan semakin mengeringkan lahan.

Kontribusi yang diberikan penggembala seperti Ram terhadap gas rumah kaca sangat kecil dibandingkan industri berat raksasa India penghasil asap yang haus batu bara.

Dia tengah berjuang menghadapi tantangan bertubi-tubi. Pertama, ia terpukul konsekuensi perubahan iklim. Kemudian, ia kembali dipukul oleh upaya mitigasi untuk menanggulanginya.

Gurun dipenuhi ratusan turbin (halaman berikutnya)

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Terkait
Yuk Ngaji Hari Ini
وَقُلْ لِّلْمُؤْمِنٰتِ يَغْضُضْنَ مِنْ اَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوْجَهُنَّ وَلَا يُبْدِيْنَ زِيْنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوْبِهِنَّۖ وَلَا يُبْدِيْنَ زِيْنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوْلَتِهِنَّ اَوْ اٰبَاۤىِٕهِنَّ اَوْ اٰبَاۤءِ بُعُوْلَتِهِنَّ اَوْ اَبْنَاۤىِٕهِنَّ اَوْ اَبْنَاۤءِ بُعُوْلَتِهِنَّ اَوْ اِخْوَانِهِنَّ اَوْ بَنِيْٓ اِخْوَانِهِنَّ اَوْ بَنِيْٓ اَخَوٰتِهِنَّ اَوْ نِسَاۤىِٕهِنَّ اَوْ مَا مَلَكَتْ اَيْمَانُهُنَّ اَوِ التَّابِعِيْنَ غَيْرِ اُولِى الْاِرْبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفْلِ الَّذِيْنَ لَمْ يَظْهَرُوْا عَلٰى عَوْرٰتِ النِّسَاۤءِ ۖوَلَا يَضْرِبْنَ بِاَرْجُلِهِنَّ لِيُعْلَمَ مَا يُخْفِيْنَ مِنْ زِيْنَتِهِنَّۗ وَتُوْبُوْٓا اِلَى اللّٰهِ جَمِيْعًا اَيُّهَ الْمُؤْمِنُوْنَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ
Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

(QS. An-Nur ayat 31)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement