Selasa 22 Oct 2024 18:04 WIB

Dukungan Percepatan Pembangunan Infrastruktur Ramah Lingkungan Terus Dilakukan

Ini diwujudkan dengan mendorong optimalisasi penggunaan semen ramah lingkungan.

Workshop bertema Optimalisasi Penggunaan Semen Ramah Lingkungan beberapa waktu lalu.
Foto: Dok. Bumn
Workshop bertema Optimalisasi Penggunaan Semen Ramah Lingkungan beberapa waktu lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Semen Indonesia (Persero) Tbk mendukung Kementerian Pekerjaan Umum serta Kementerian Perumahan dan Kawasan Permukiman mempercepat pembangunan infrastruktur berkelanjutan. Komitmen tersebut diwujudkan dengan mendorong optimalisasi penggunaan semen ramah lingkungan dalam pembangunan infrastruktur.

Dalam workshop bertema Optimalisasi Penggunaan Semen Ramah Lingkungan beberapa waktu lalu, Pelaksana tugas (Plt) Direktur Pengembangan Jasa Konstruksi Kementerian PU-Pera Dicki Rinaldi mengatakan pentingnya penggunaan material ramah lingkungan, khususnya non ordinary portland cement atau semen Non-OPC, sebagai bagian dari upaya mendukung pembangunan infrastruktur berkelanjutan.

Baca Juga

"Pemerintah sangat fokus dalam program percepatan pembangunan infrastruktur dengan memperhatikan keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi dan kapasitas daya dukung lingkungan," kata Dicki dikutip pada Selasa (22/10/2024).

Dia menambahkan, penggunaan semen Non-OPC yang memiliki keunggulan dari sisi teknis, ekonomi, dan lingkungan harus dioptimalkan dalam setiap proyek pembangunan di bawah Kementerian PU-Pera. Dalam upaya mendukung hal ini, pihaknya telah mengeluarkan berbagai regulasi, seperti Surat Edaran Menteri PUPR No. 07/2016 tentang Pedoman Tata Cara Penentuan Campuran Beton Normal dan Instruksi Menteri PUPR No. 04/IN/M/2020 tentang Penggunaan Semen Non OPC dalam pekerjaan konstruksi.

Selain itu, Kementerian PUPR juga berupaya untuk menyesuaikan persyaratan spesifikasi teknis setiap jenis bangunan konstruksi, baik di bidang jalan dan jembatan, sumber daya air, maupun permukiman dan perumahan.

Direktur Utama Semen Indonesia Donny Arsal menyambut positif upaya Kementerian PU-Pera untuk mengoptimalisasi penggunaan semen ramah lingkungan dalam pekerjaan konstruksi. Pihaknya mengaku memiliki beragam inovasi produk semen hijau yang rendah karbon sebagai bentuk tanggung jawab dan kontribusi perusahaan dalam mewujudkan konstruksi berkelanjutan di Indonesia.

"Semen hijau SIG adalah solusi terbaik untuk konstruksi ramah lingkungan yang rendah karbon dan bisa menjadi pilihan utama bagi pemerintah, serta pengembang properti," ucapnya.

Donny menambahkan, Semen Indonesia tidak berhenti pada inovasi semen hijau. Sebagai bagian dari perjalanan transformasi perusahaan, Semen Indonesia menghadirkan produk precise interlock brick untuk solusi pembangunan rumah yang efektif, efisien, serta ramah gempa. Penggunaan precise interlock brick juga membuat durasi konstruksi lebih cepat, dan tampilan yang modern.

"Produk precise interlock brick telah diaplikasikan pada contoh hunian tapak ramah lingkungan tipe 36 di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang dibangun dalam waktu 15 hari," ucapnya.

Inovasi ini, lanjut Donny, diharapkan dapat mendukung pemerintah dalam penyediaan rumah layak huni bagi masyarakat, guna mengatasi backlog atau ketimpangan perumahan di Indonesia.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement