Rabu 17 Aug 2016 13:49 WIB

Ini Esensi Kemerdekaan Menurut Sri Mulyani

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Nur Aini
Menteri Keuangan, Sri Mulyani
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Menteri Keuangan, Sri Mulyani

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Keuangan Sri Mulyani  melangsungkan upacara peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71 di halaman Kantor Kementerian Bidang Perekonomian sebelum mengikuti upacara di Istana Merdeka, Rabu (17/8) pagi. Ditemui usai memimpin upacara di Kemenko Perekonomian, Sri mengungkapkan makna kemerdekaan baginya.

Sri menyebutkan, merujuk pada Undang-Undang dasar (UUD) 1945, maka makna kemerdekaan adalah segala bangsa dan tujuannya untuk memerangi ketidakadilan serta upaya mewujudkan perikemanusiaan yang berkeadilan. Di sisi lain, Sri menilai bahwa kemerdekaan adalah bagaimana sebuah bangsa bisa menjawab tantangan ekonomi dan sosial terutama memastikan akses pendidikan bagi masyarakat tak mampu.

"Hak untuk hidup secara baik dengan kesejahteraan dan juga bagaimana kita sebagai bangsa bisa memberikan pendidikan bagi mereka yang paling lemah dan paling rawan dalam tantangan ekonomi dan sosial. itu merupakan esensi kemerdekaan buat saya," kata Sri, Rabu (17/8).

Usai memimpin upacara di Kemenko Perekonomian, Sri kemudian menuju Istana Merdeka untuk mengikuti upacara Kemerdekaan bersama Presiden Jokowi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement