Rabu 01 May 2024 12:25 WIB

Erick Dukung Pengembangan UMKM Lewat Karya Nyata Fest Vol 6

Karya Nyata Fest merupakan ajang unjuk gigi bagi UMKM yang diusung Kementerian BUMN.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Gita Amanda
Menteri BUMN Erick Thohir terus membuktikan dukungannya dalam pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) daerah. (ilustrasi)
Foto: ANTARA /Aprillio Akbar
Menteri BUMN Erick Thohir terus membuktikan dukungannya dalam pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) daerah. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri BUMN Erick Thohir terus membuktikan dukungannya dalam pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) daerah. Kali ini terwujud dengan terlaksananya Karya Nyata Fest Vol 6, yang berlangsung pada 26 April hingga 28 April 2024 di Lapangan Aerosport, Pekanbaru. 

Acara yang terlaksana berkat kerja sama antara Kementerian BUMN dan PT Pertamina (Persero) ini berhasil mencatat rekor total pengunjung sebanyak total sekitar 30 ribu orang, terbanyak di antara Karya Nyata Fest yang telah dilaksanakan sebelumnya. Selain itu, acara ini juga menggandeng total 105 peserta UMKM binaan 25 BUMN yang terdiri atas makanan dan minuman, craft, serta fashion dengan menghasilkan total transaksi sebesar Rp 668 juta. 

Baca Juga

"Hal ini menjadi wujud mendorong pergerakan roda ekonomi daerah melalui pembinaan UMKM," ujar Erick dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (1/5/2024).

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan acara ini memberikan tempat bagi UMKM untuk bisa menampilkan produknya sehingga bisa dikenal dan dibeli. Dipayungi juga oleh Rumah BUMN Pekanbaru, Arya berharap UMKM lokal dapat maju sehingga berpengaruh juga untuk memajukan ekonomi Indonesia.

Arya menyampaikan Karya Nyata Fest merupakan ajang unjuk gigi bagi UMKM yang diusung Kementerian BUMN dan BUMN melalui Rumah BUMN yang akan terus berlanjut di kota-kota berikutnya. Pekanbaru menjadi kota keenam setelah sebelumnya terlaksana di Tangerang, Padang, Medan, Jambi, dan Bangka Belitung. 

"Selanjutnya acara ini akan berkunjung dan dilaksanakan di Aceh. Dengan semangat kolaborasi, Karya Nyata Fest telah berhasil menciptakan momentum positif bagi pengembangan UMKM dan pertumbuhan ekonomi daerah, kali ini khususnya di Pekanbaru," ucap Arya. 

Karya Nyata Fest Vol 6 Pekanbaru ini selain dari penjualan produk UMKM juga berisikan rangkaian acara yang menarik dan melibatkan masyarakat Pekanbaru dari segala usia. Di antaranya terdapat rangkaian pertandingan futsal tingkat SMA, berbagai talkshow mengenai entrepreneurship dan social media marketing, kompetisi cosplay, robotic show, kompetisi kopi, mobile legend, hiburan band lokal dan puncaknya adalah penampilan dari Rony Parulian dan Diskoplo. 

Selain itu, terdapat juga business matching yang menjadi kerja sama antara UMKM Riau dengan Malaysia, menjadikan acara ini sebagai Karya Nyata Fest pertama yang berskala internasional. 

"Diharapkan melalui kegiatan selanjutnya, Karya Nyata Fest dapat kembali meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan merangsang pengembangan UMKM di daerah-daerah Indonesia," kata Arya. 

 

Umroh plus wisata ke mana nih, yang masuk travel list Sobat Republika di Tahun 2024?

  • Turki
  • Al-Aqsa
  • Dubai
  • Mesir
  • Maroko
  • Andalusia
  • Yordania
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement