Selasa 02 Oct 2012 22:58 WIB

Oman Dukung Palestina ke PBB

Red: Yudha Manggala P Putra
Bendera Palestina berkibar
Foto: goldenraindrop.wordpress.com
Bendera Palestina berkibar

REPUBLIKA.CO.ID, PBB, NEW YORK -- Oman, Senin kemarin, menyampaikan dukungannya bagi upaya Palestina untuk menjadi negara non-anggota PBB. Palestina sekarang memiliki status pengamat tetap sebagai suatu kesatuan di PBB.

"Negara saya mendukung permohonan Palestina menjadi negara non-anggota di PBB, dengan harapan ini akan mengantar tahap baru dalam konsep perundingan Palestina-Israel, yang dapat secara positif memberi sumbangan dalam penyelesaian masalah ini," kata Menteri Luar Negeri Oman, Yousef bin Alawi bin Abdullah, di Debat Umum Ke-67, Sidang Majelis Umum PBB, New York.

Yousef, sebagaimana dikutip Xinhua, Selasa (2/10), mengatakan, "Kita semua sudah mengetahui PBB telah mengupayakan semua kondisi dan telah mensahkan banyak resolusi dan kebijakan mengenai masalah Palestina. Namun masalah ini masih menjadi pusat keprihatinan dan sumber ancaman serta konflik, yang memiliki jangkau ke luar Timur Tengah."

Pada 28 September, Hanas Ashrawi, anggota Komite Eksekutif Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), mengatakan di Ramallah, Tepi Barat Sungai Jordan, pemungutan suara di PBB mengenai upaya Palestina meminta pengakuan negara Palestina sebagai negara non-anggota, paling lambat akhir tahun ini.