Home >> >>
Puan 'Disemprit' Panwaslu
Ahad , 06 Apr 2014, 20:02 WIB
beritaekonomi.kiosgeek.com
Puan Maharani

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Caleg DPR PDI Perjuangan dapil V Jateng, Puan Maharani 'disemprit' Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Solo. Putri Megawati Sukarnoputri itu diduga melibatkan anak-anak dalam kampanye terbuka hari terakhir di Alun Alun Selatan Keraton Surakarta, Sabtu (5/4).

Puan mengajak anak-anak di bawah umur naik panggung ketika menyampaikan orasi politik. Dalam kampanye putaran terakhir, juga terdapat ratusan anak-anak yang diajak orangtua ikut konvoi keliling kota. 

Ketua Panwaslu Kota Solo, Sri Sumanta menyatakan, kampanye dengan melibatkan anak-anak adalah pelanggaran. Aturan tersebut telah tercantum dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 15/2013.

Membawa anak-anak, kata dia, termasuk dalam PKPU Nomor 15/2013. Dalam aturan disebutkan, menyatakan memobilisasi warga negara Indonesia yang belum memenuhi syarat sebagai pemilih termasuk pelanggaran.

Puan menampik melakukan pelanggaran, Ia beralasan, anak-anak ikut naik ke atas panggung bukan suatu kesengajaan. 

"Tadi ada anak-anak olah raga, ya sekalian kita panggil. Karena mereka memanggil-manggil nama saya. Di atas juga cuma foto saja. Saya juga tahu anak-anak tidak diperbolehkan kampanye, mereka belum cukup memenuhi syarat sebagai pemilih."

Redaktur : Mansyur Faqih
Reporter : Edy Setyoko
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar