Home >> >>
Saksi TPS Bakal Dapat Honor Rp 200 Ribu
Kamis , 03 Jul 2014, 22:26 WIB
Antara/Fikri Yusuf
Petugas memasang segel pada gembok kotak suara yang berisi logistik Pilpres di KPUD Kab. Madiun, Jatim, Rabu (2/7).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Dua kandidat calon presiden dan wakil presiden akan menggelontorkan dana masing-masing Rp7,6 miliar untuk membayar para saksi-saksi yang bertugas mengamankan suara di tempat pemungutan suara (TPS) pada 9 Juli mendatang.

"Para saksi-saksi yang akan bertugas di masing-masing TPS akan mendapatkan honor yang sama dengan seluruh daerah di Indonesia dan setiap saksi akan dibayar Rp200 ribu," ujar Koordinator Tim Saksi Prabowo-Hatta Sulsel, Andi Akmal Pasluddin di Makassar, Kamis.

Tim pemenangan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Radjasa maupun saksi Joko Widodo-Jusuf Kalla (JK) sedikitnya harus mengeluarkan dana Rp7,6 miliar untuk membiayai honor saksi di 16.757 TPS Sulsel. Masing-masing kandidat menyiapkan satu saksi disetiap TPS.

Baik saksi Prabowo-Hatta maupun saksi Jokowi-JK dibayar Rp200 ribu untuk setiap saksi. Saksi Prabowo-Hatta dikoordinir oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sedangkan saksi Jokowi-JK dikoordinir Partai Hanura.

"Honor saksi Prabowo-Hatta seragam nasional. Kita sudah mengeluarkan mandat bagi saksi yang akan bertugas diseluruh TPS di Sulsel pada 9 Juli nanti," katanya.

Menurut Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS Sulsel ini, honor saksi dibayar dua kali. Rp100 ribu diberikan setelah mendapat mandat dan Rp100 ribu sisanya dibayarkan setelah saksi menyetor formulir C6 kepada koordinator diwilayah masing-masing.

Saksi Prabowo-Hatta, kata Akmal, diminta memberi perhatian khusus kepada sejumlah kabupaten dan kota yang dianggap rawan. Salah satunya Selayar dan Pangkep yang memiliki kondisi geografis yang sulit diakses transportasi darat.

Demikian juga dengan daerah-daerah yang dianggap menjadi basis Jokowi-JK seperti Bone, Soppeng, Wajo, dan Barru. Pada lumbung suara milik pasangan nomor urut 2 itu, pihaknya tetap mengutus saksi demi memantau perolehan suara tersebut.

"Penekanan kita pada daerah yang secara geografis sulit diakses. Yang kedua, daerah-daerah yang menjadi basis kandidat lain," jelas anggota DPRD Sulsel itu.

Sementara, Koordinator Saksi Pemenangan Jokowi-JK Sulsel Ambo Dalle juga mengemukakan, honor setiap saksi Rp200 ribu. Jokowi-JK menempatkan masing-masing satu saksi resmi dalam setiap TPS ditambah empat saksi diluar TPS.

"Hanura koordinatornya, tetapi kami tetap lakukan koordinasi dengan partai lain yang bergabung dalam koalisi. Saksi-saksi telah kami beri pelatihan," ujar Ambo Dalle yang juga Ketua DPD Partai Hanura Sulsel.

Kedua tim pemenangan pasangan capres Sulsel juga menyiapkan sistem penghitungan cepat dari TPS (real count) dengan memanfaatkan saksi-saksi.

Setiap saksi diwajibkan mengirim secepatnya hasil rekapitulasi penghitungan suara di TPS via pesan singkat SMS ke operator di setiap kabupaten dan kota.

Pada Pemilu Presiden 9 Juli 2014 diikuti dua pasangan capres dan cawapres yakni Prabowo Subianto-Hatta Radjasa (Prabowo-Hatta) dan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK).

Redaktur : Taufik Rachman
Sumber : antara
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar