Home >> >>
PDIP Yogya Deklarasi Dukung Jokowi 'Nyapres'
Sabtu , 18 Jan 2014, 01:50 WIB
Prayogi/Republika
Joko Widodo (Jokowi)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kota Yogyakarta mendeklarasikan diri  mendukung Gubernur Jakarta Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon presiden (Capres) dari PDIP pada Pemilu 2014 mendatang.

Deklarasi dukungan terhadap gerakan Jogja Jokowi ini dilakukan di kantor DPC PDIP Yogyakarta, Jumat (17/1). Melalui gerakan tersebut DPC PDIP juga mengusulkan Agar Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP segera menetapkan Jokowi sebagai capres sebelum pelaksanaan Pemilu Legilastif.

"Kami sudah komunikasikan gerakan ini ke DPC dan disetujui. Tinggal menunggu DPC menyampaikan ke DPD agar bergerak mengusulkan Jokowi ditetapkan sebelum pemilu ke DPP," kata Koordinator Jogja Jokowi Sutaryo.

Menurut dia, pengusulan Jokowi sebagai capres didasarkan pada hasil survai yang dilakukan berbagai lembaga survai terhadap beberapa capres. Dalam survai itu Jokowi selalu menempati posisi paling atas, sehingga menjadi cerminan pemimpin yang dikehendaki rakyat.

"Selain melihat survai kami juga melihat sosok Jokowi selama ini sebagai kader partai, Wali kota Solo dan Gubernur Jakarta adalah pemimpin yang visioner dan mampu menjalankan tugasnya dengan baik," katanya.

Pihaknya mengklaim gerakan usulan penetapan Jokowi oleh kader PDIP di tingkat DPC itu merupakan yang pertama kali. Gerakan diharapkan bisa diikuti struktural PDIP di DPC lainnya. Meski mendahului penetapan oleh DPP, sebagai kader tetap akan tunduk dan patuh pada aturan.

Pihaknya menghormati ketua umum DPP PDIP Megawati yang sampai kini belum memutuskan capres dalam Pemilu 2014. Namun melalui gerakan itu menunjukan aspirasi kader partai yang juga rakyat berharap Megawati selaku Ketua Umum partai memutuskan Jokowi sebagai capres.

"Deklarasi ini adalah awal. Kami akan melakukan konsolidasi. Mencari dukungan dari luar partai seperti Seknas Jokowi dan Gong Jokowi," katanya.

Sementara itu salah satu kader PDIP Untoro Haryadi menambahkan, gerakan tersebut menunjukan mesin partai bekerja. Menyuarakan dengan mengikuti mekanisme partai melalui struktur kepengurusan partai yang ada. Banyaknya dukungan kepada Jokowi dari luar partai seperti eleman relawan Jokowi juga dinilainya baik.

Redaktur : Djibril Muhammad
Reporter : Yulianingsih
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar