Ahad , 15 Jun 2014, 18:53 WIB

Transportasi di Brasil Menghargai Manula

Red: M Akbar
Seorang pedagang air kelapa di Brasil. (ilustrasi)
Foto Reuters/Nacho Doce

Seorang pedagang air kelapa di Brasil. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SAO PAULO -- Untuk penghargaan terhadap manusia lanjut usia (manula) di jalan raya, pemerintah Brasil layak diacungi jempol. Manula baik pria maupun wanita mendapat fasilitas gratis di transportasi umum seperti dalam bus kota maupun metropolitano atau subway.

Semua manula tanpa terkecuali tak dipungut bayaran. ''Hebatnya lagi, sopir bus pasti berhenti setiap ada manula yang menyetopnya, meski sudah tahu bakal tak akan dibayar,'' demikian laporan wartawan Republika Online, Endro Yuwanto, dari Sao Paulo.

Selain itu di dalam bus dan subway terdapat stiker pengumuman untuk mengutamakan tempat duduk bagi manula. Para manula juga diletakkan di barisan kursi terdepan.

Meski mendapat prioritas bukan berarti para manula memanfaatkan fasilitas itu. Di sepanjang jalan Sao Paulo, Brasil, kerap dijumpai anak anak muda yang memberikan tempat duduknya dengan mempersilakan manula untuk duduk di kursinya. Namun para manula itu terlihat lebih sering menolaknya dan mempersilakan anak muda itu tetap duduk di kursinya.

Para manula itu tak mau merepotkan dan selalu beralasan sudah mau sampai tujuan. Padahal kadang kadang pemberhentian bus untuk para manula itu masih cukup jauh.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
brasil piala dunia
Berita Terpopuler
Berita Lainnya