Jumat , 23 May 2014, 11:02 WIB

Donovan Tak Ikut AS ke Piala Dunia

Red: Yudha Manggala P Putra
Kapten kesebelasan LA Galaxy (Landon Donovan) tak mampu berbuat banyak saat partai persahabatan Indonesia Selection kontra LA Galaxy di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta, Rabu (30/11). (Republika Online/Fafa)

Kapten kesebelasan LA Galaxy (Landon Donovan) tak mampu berbuat banyak saat partai persahabatan Indonesia Selection kontra LA Galaxy di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta, Rabu (30/11). (Republika Online/Fafa)

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Landon Donovan, pencetak gol terbanyak sepanjang masa Amerika Serikat, tidak masuk dalam daftar 23 nama pemain Piala Dunia 2014 yang diumumkan pelatih Jurgen Klinsmann, Kamis (23/5).

Donovan, dengan 57 gol internasional, berada di antara 30 nama yang masuk dalam pusat pelatihan tetapi namanya tidak masuk saat pelatih merampingkan para pemain, sehingga ia absen dari rencana tampil pada Piala Dunia keempatnya.

Pemain berusia 32 tahun itu sebelumnya mengatakan ia belum tentu akan berangkat ke Brazil. Ia tidak bermain sepenuhnya di babak penyisihan, turun lapangan hanya tiga kali dari 10 laga pada putaran terakhir, setelah hampir selama empat bulan cuti panjang dari lapangan.

Tapi ketika pemain veteran itu termasuk dalam 30 nama pemain yang terpilih sebelumnya, para pendukungnya sudah merasa pasti ia akan berangkat ke Brasil.

Klinsmann, yang menolong Jerman memenangi Piala Dunia pada 1990 ketika sebagai pemain, kemudian menolong Jerman ke semi final Piala Dunia 2006 saat sebagai pelatih, mengatakan hal itu merupakan keputusan paling berat yang harus dilakukan selama karirnya sebagai pelatih.

"Untuk mengatakan kepada pemain seperti dia, yang sudah melakukan segalanya demi sepak bola, terasa amat berat. Ia keluar dari 30 nama yang ada, karena tim harus dirampingkan menjadi 23 orang. Padahal kekuatan yang lain hanya sedikit di atasnya," kata Klinsmann.

"Ia pasti amat kecewa. Tapi saya harus membuat keputusan hari ini...Saya hanya berpikir, pemain lain kedudukannya hanya sedikit di atas dia."

Klinsmann membentuk timnya dengan memasukkan pemain yang kurang berpengalaman, sehingga pada babak penyisihan mereka bermain imbang di Grup G dengan Ghana, yang maju ke perempat final pada 2010, semifinalis Euro 2012 Portugal dan salah satu tim paling difavoritkan, Jerman. Mereka akan mengawali pertandingan pertama mereka pada 16 Juni melawan Ghana.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
landon donovan piala dunia brasil
Berita Terkait
Berita Terpopuler
Berita Lainnya