Arus Balik Tol Gempol-Pandaan Belum Ada Peningkatan

Red: Esthi Maharani

Sabtu 09 Jul 2016 19:41 WIB

Arus Balik Mudik 2016 Foto: Republika/Wihdan Hidayat Arus Balik Mudik 2016

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Arus balik yang melintasi ruas Jalan Tol Gempol-Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, hingga H+3 libur Lebaran 2016 belum ada peningkatan secara signifikan.

"Sesuai data yang kami peroleh, puncak kepadatan di ruas tol Gempol-Pandaan terjadi pada H-5 hingga H+1 Lebaran, namun untuk arus balik masih normal," kata Asisten Manajemen Lalin dan Pengamanan Aset Jasa Marga Pandaan Tol, Sumantri, Sabtu (9/7).

Ia mengatakan jumlah volume kendaraan dari H-5 hingga H+3 libur Lebaran dari arah luar Pandaan atau menuju Malang mencapai 16 persen, namun pada hari H hingga H+3 turun menjadi 6 persen.

"Sedangkan volume kendaraan dari Malang menuju Surabaya masih normal karena belum ada peningkatan secara signifikan, sehingga permasalahan kemacetan bisa diatasi oleh pihak kepolisian, mulai dari pintu gerbang tol hingga perempatan menuju tol," kata dia.

Sumantri mengatakan lalu lintas arus balik pada libur Lebaran tahun ini lebih merata, jika dibandingkan dengan tahun lalu, karena libur Lebaran 2016 lebih panjang.

"Hal tersebut mengacu pada musim mudik Lebaran tahun lalu. Saat itu, puncak kepadatan kendaraan di ruas Tol Gempol-Pandaan terjadi pada hari H Lebaran hingga H+1, namun tahun ini kemacetan hanya sekitar 1,5 kilometer karena di pintu gerbang tol," paparnya.

Terpopuler