Home | |
Perbedaan IIMS Tahun Ini dan Sebelumnya
Selasa , 17 Sep 2013, 17:19 WIB
Stand Nissan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2011.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tahun ini menjadi penanda ke-21 diselenggarakannya Indonesia International Motor Show (IIMS) di Jakarta. IIMS kembali digelar di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta, mulai 19-29 September mendatang. 

Pameran otomotif terbesar di Indonesia kali ini mengangkat tema "Smart Vehicle Utility". Ini sejalan dengan kebijakan yang diambil pemerintah dalam menjalankan program low cost green car (LCGC). Lantas apa yang berbeda IIMS kali ini dengan tahun sebelumnya?

Berikut catatan ROL mengenai penyelenggaraan IIMS 2013.

1. Jumlah Peserta

Seiring dengan bertambahnya usia IIMS, jumlah peserta dan merek-merek otomotif yang mengikuti perhelatan ini juga meningkat. Tidak hanya merek lama yang akan mengikuti pameran otomotif terbesar di Indonesia ini. Dipastikan akan ada nama baru yang akan unjuk diri pada publik Indonesia tahun ini. 

Seperti Datsun, Renault, dan Land Rover. Tahun ini IIMS diikuti oleh 27 produsen kendaraan penumpang (passanger cars), sembilan produsen kendaraan berat (heavy commercial vehicle) dan ditargetkan akan ada 276 perusahaan aksesoris dan industri pendukung otomotif. 

Jumlah ini meningkat dibanding tahun sebelumnya yang diikuti 25 produsen kendaraan penumpang dan 275 perusahaan pendukung otomotif. Hanya kendaraan berat mengalami penurunan dari 10 merek menjadi sembilan merek.

2. Pengunjung

Jika tahun lalu IIMS berhasil menjaring pengunjung sebanyak 368.790 orang, tahun ini penyelenggara menargetkan IIMS akan menarik 380 ribu pengunjung. Mengingat, sejak tiga tahun terakhir perhelatan IIMS terus mengalami pelonjakan pengunjung. 

Pada 2011, jumlah pengunjung yang memadati IIMS ada sebanyak 32.823 orang. Kemudian IIMS dibanjiri368.790 pengunjung pada tahun berikutnya. 

3. Program

Tak banyak program yang berbeda yang akan disuguhkan IIMS tahun ini dari sebelumnya. Tapi perbedaan akan Anda rasakan pada program balapan baru. Tahun lalu IIMS mengusung acara IIMS Drift War yang kemudian akan berganti dengan program Gymkana Race.

4. Harga Tiket

Tahun ini menjadi pertama kali kenaikan harga tiket masuk dalam tiga tahun belakangan. Pengunjung IIMS 2013 akan dikenakan harga masuk sebesar Rp 40 ribu (Senin-Kamis) dan Rp 60 ribu (Jumat-Ahad). Sedangkan 2011 dan 2012 tiket yang dikenakan seharga Rp 20 ribu (hari kerja) dan Rp 30 ribu (akhir pekan). 

5. Luas Area

Tahun lalu luas lahan yang digunakan pada penyelenggaran IIMS 2012 seluas 70.550 meter persegi dan bertambah luas pada tahun ini menjadi 75.101 meter persegi. Yang terbagi kedalam lima area, Hall A, B, C, D dan area luar (outdoor).

Redaktur : Mansyur Faqih
Reporter : Niken Paramita Wulandari
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.