Sabtu 11 Jun 2022 06:05 WIB

Infografis: Upaya DKI Jakarta Kurangi Emisi

Jakarta menambah armada transportasi umum berbahan bakar listrik dan jalur sepeda

Red: Nur Aini
Foto: Republika
Upaya Jakarta kurangi emisi

REPUBLIKA.CO.ID, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkap sejumlah upaya yang dilakukan Pemerintah Provinsi DKI untuk mengurangi emisi karbon di antaranya menambah armada transportasi umum berbahan bakar listrik dan menambah jalur sepeda. 

1. Menargetkan seluruh armada transportasi umum secara bertahap sudah berbahan bakar ramah lingkungan pada 2030. Saat ini sudah ada 30 armada bus listrik dan tahun ini ditarget mencapai 100 unit.

Baca Juga

2. Menggalakkan transportasi umum dengan menata armada dan lingkungan untuk memberikan kenyamanan. Saat ini, masyarakat yang menggunakan transportasi umum meningkat dari 42 persen pada 2016 dan saat ini menjadi 82 persen atau per hari sebanyak 350 ribu orang menjadi satu juta orang pengguna jasa transportasi umum.

3. Melakukan transformasi kendaraan dari berbahan bakar fosil menjadi berbasis listrik yang lebih ramah lingkungan. Tahun ini sudah ada 30 unit armada bus TransJakarta yang berbahan bakar listrik, dan ditargetkan sudah mencapai 100 unit selama 2022 dan akhir 2030 seluruh kendaraan umum berbasis listrik

4. Mendorong pemanfaatan sepeda karena bebas emisi dengan dukungan pembangunan jalur sepeda yang saat ini sudah ada sekitar 250 kilometer. DKI menarget sepanjang 500 kilometer jalur sepeda akan terbangun di Jakarta.

5. Selama empat tahun  membangun dan merenovasi lebih dari 100 taman

Sumber: Antara

Pengolah data: Nur Aini

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement