Jumat 21 Sep 2012 09:19 WIB

Inilah Tips Mengobati Wajah Berjerawat

Red: Miftahul Falah
Jerawat/Ilustrasi
Foto: corbis.com
Jerawat/Ilustrasi

Pertanyaan:

Hi dok, saya remaja berumur 17 tahun. Saya memiliki jerawat blackhead di wajah yang tidak bisa hilang, kecuali dikeluarkan isinya dan setelah itu baru kemudian menghilang. Tetapi tidak lama setelah itu, dalam hitungan minggu pasti muncul kembali jerawat serupa. Namun, biasanya terletak di dekat bibir atau hidung, sehingga sangat susah untuk mengeluarkan isinya. Bagaimana cara mengatasinya agar tidak timbul lagi ya, dok? Terima kasih.

Nurina Ulfa, Cibubur - 17 tahun

Jawaban:

Hi Ulfa, berkaitan dengan pengobatan jerawat tentu sangat tergantung jenis jerawat, serta bagaimana kondisi komplikasi atas keberadaan jerawat tersebut. Prinsipnya, dalam melakukan pengobatan jerawat, maka yang perlu dilakukan antara lain yakni membersihkan kulit wajah dengan menggunakan sabun muka dengan tipe wajah berjerawat. Dalam hal ini, ditujukan untuk dapat menghilangkan penyumbatan kelenjar lemak yang telah terjadi.

Umumnya pemberian sabun dengan tipe tersebut, juga diberikan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin agar dapat mengikis sel-sel kulit penutup komedo. Di mana pada akhirnya, isi komedo akan keluar dengan sendirinya. Nah untuk hal ini, sebaiknya Ulfa juga bertemu dengan dokter spesialis kulit untuk melakukan pemeriksaan terhadap jenis kulit wajah, sehingga tepat penanganan yang dilakukan.

Usaha yang dapat dilakukan untuk mencegah timbulnya kekambuhan jerawat, antara lain menjaga kebersihan wajah secara teratur, tepat dan baik, yang dilaksanakan secara terus-menerus walaupun jerawat sudah sembuh. Selain itu, perlu menghindari faktor-faktor penyebab timbulnya jerawat, seperti memegang/memencet jerawat, makan makanan yang mengandung banyak lemak, dll.

Semoga bisa menjawab ya, Ulfa. Wajah kita perlu dijaga dan dirawat dengan baik. Terima kasih. (SK)

dr.Sasa Khairunissa,Sp.KK

Spesialis Kulit RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement