Kasihan! Kartu Lebaran tak Lagi Diminati Masyarakat

Red: cr01

Ahad 14 Aug 2011 21:56 WIB

Kartu lebaran yang kian tergusur oleh perangkat telekomunikasi modern dan digital. Foto: irwan.net Kartu lebaran yang kian tergusur oleh perangkat telekomunikasi modern dan digital.

REPUBLIKA.CO.ID, PACITAN – Produk kartu lebaran yang biasanya menjadi andalan PT Pos Indonesia setiap kali menjelang Hari Raya Idul Fitri, sepertinya tak lagi diminati masyarakat. Hal ini dikatakan oleh Kepala Kantor PT Pos Indonesia cabang Pacitan, Arif Budi Hartanto.

Realitas ini, kata Arif, mengacu pada hasil penjualan produk serupa hingga pertengahan bulan puasa/Ramadhan kali ini. "Sampai saat ini belum ada warga yang memesan kartu lebaran. Padahal kita memberikannya secara gratis," ujarnya.

Arif mengakui sejak kehadiran perangkat komunikasi macam telepon genggam, omzet pengiriman kartu lebaran turun. Warga rupanya lebih memilih menggunakan fasilitas pesan singkat SMS (Short Message Service), MMS (Multimedia Messaging Service), serta surat elektronik (e-mail) untuk menyampaikan permohonan maaf.

"Omzet kami rasakan turun drastis sejak menjamurnya telepon seluler beberapa tahun terakhir. Mungkin pertimbangannya karena lebih praktis," ujarnya.