Puncak Arus Balik, Pantura Jateng Padat Merayap

Red: Krisman Purwoko

Ahad 04 Sep 2011 20:56 WIB

REPUBLIKA.CO.ID,BREBES--Arus kendaraan dari arah timur menuju barat yang melintas di jalur pantai utara Pekalongan hingga Brebes, Jawa Tengah, padat merayap, bahkan di beberapa titik terjadi kemacetan akibat peningkatan volume kendaran. Pantauan di sepanjang jalur Pantura Kota Pekalongan hingga Losari Brebes, iring-iringan sepeda motor dan mobil pribadi terus mengalir menuju Jakarta dan sejumlah kota lainnya di Jawa Barat.

Kepadatan arus lalu lintas di sepanjang jalur utama Jakarta-Surabaya tersebut terjadi sejak Minggu dini hari, bahkan di beberapa titik di Kota Tegal dan Brebes terjadi kemacetan akibat arus kendaraan yang semakin padat. "Kemacetan antara lain terjadi di jalur masuk depan Pasar Induk Brebes hingga sebelah barat Jembatan Pemali dan pertigaan Pejagan," kata salah seorang pengguna jalan, Harto (37), di Brebes, Minggu.

Pemudik dari Kendal, Jawa Tengah tujuan Jakarta tersebut mengatakan, sepanjang perjalanan dari kampung halamannya arus kendaraan padat merayap, bahkan saat memasuki Kabupaten Tegal hingga perbatasan Brebes laju kendaraan tersendat.

Sementara itu, Akrom (27), pemudik dari Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah tujuan Depok, Jawa Barat, mengaku sengaja pulang pada hari terakhir karena mengira pada H+4 lebaran arus balik di jalur pantura sudah mulai sepi. Namun ternyata masih padat, terutama arus kendaraan dari arah timur menuju barat. "Kendaraan sepeda motor dari arah timur ternyata masih banyak, sehingga jalan raya padat oleh kendaraan sepeda motor pemudik dan mobil pribadi," katanya.