Antisipasi Kemacetan, Polisi Pasang 1.000 Pembatas Jalan

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Heri Ruslan

Rabu 15 Aug 2012 05:38 WIB

Pemudik bermotor melintas di kawasan jalur Pantura dengan tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Foto: Antara/Puspa Perwitasari Pemudik bermotor melintas di kawasan jalur Pantura dengan tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, SUBANG -- Satlantas Polres Subang memasang 1.000 pembatas jalan di sepanjang jalur mudik dari Patokbeusi hingga Sewo. Pemasangan pembatas jalan itu dilakukan untuk mengantisipasi kecelakaan dan kemacetan.

Selain itu, sebanyak 260 titik perputaran ditutup. Untuk perputaran, polisi memberi ruang kecil setiap dua kilometer. Supaya, tidak terjadi kemacetan akibat banyaknya kendaraan yang memutar di jalur mudik.

Kasat Lantas Polres Subang, AKP Asep Saepudin, mengatakan, pembatas jalan itu berguna agar kendaraan dari barat ke timur dan sebaliknya tidak tercampur. Mengingat, kebiasaan pengemudi setiap ada kemacetan di jalur pantura, mereka suka menyerobot dan masuk ke jalur orang. Akibatnya, kemacetan semakin parah. Bahkan, rawan kecelakaan.

"Untuk itu, kita pasang barier (pembatas jalan). Supaya tak ada celah bagi kendaraan untuk memanfaatkan jalur lain," ujar Asep, kepada Republika Online, Selasa (14/8).