Senin 15 Jul 2013 22:22 WIB

BCA Nilai Pelemahan Rupiah Wajar

Rep: Satya Festiani/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Mata uang Rupiah
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Mata uang Rupiah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Central Asia (BCA) menganggap wajar pelemahan nilai tukar rupiah yang mencapai Rp 10 ribu per dolar Amerika Serikat (AS). Kurs tengah Bank Indonesia (BI) pada Senin (15/7) berada di level Rp 10.024. Untuk pertama kalinya sejak 2009, nilai tukar rupiah menyentuh angka Rp 10 ribu.

"Yen saja dari 78 sudah ke 100, apalagi rupiah. Saya kira masuk akal," ujar Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja, Senin (15/7). Pelemahan rupiah sejalan dengan pelemahan mata uang regional lainnya seperti Yen Jepang, Yuan Cina, Ringgit Malaysia.

Selain itu, Jahja mengatakan konsumen impor saat ini terlalu banyak sehingga lahan impor semakin banyak. Sementara, di sisi lain, ekspor sedang berkurang.

Hal itu diperparah dengan turunnya harga komoditas dari Indonesia seperti Crude Palm Oil (CPO) dan coal mining. "Pasokan dolar AS memang agak berkurang," ujar dia.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَمَنْ اَظْلَمُ مِمَّنْ ذُكِّرَ بِاٰيٰتِ رَبِّهٖ فَاَعْرَضَ عَنْهَا وَنَسِيَ مَا قَدَّمَتْ يَدَاهُۗ اِنَّا جَعَلْنَا عَلٰى قُلُوْبِهِمْ اَكِنَّةً اَنْ يَّفْقَهُوْهُ وَفِيْٓ اٰذَانِهِمْ وَقْرًاۗ وَاِنْ تَدْعُهُمْ اِلَى الْهُدٰى فَلَنْ يَّهْتَدُوْٓا اِذًا اَبَدًا
Dan siapakah yang lebih zalim dari pada orang yang telah diperingatkan dengan ayat-ayat Tuhannya, lalu dia berpaling darinya dan melupakan apa yang telah dikerjakan oleh kedua tangannya? Sungguh, Kami telah menjadikan hati mereka tertutup, (sehingga mereka tidak) memahaminya, dan (Kami letakkan pula) sumbatan di telinga mereka. Kendatipun engkau (Muhammad) menyeru mereka kepada petunjuk, niscaya mereka tidak akan mendapat petunjuk untuk selama-lamanya.

(QS. Al-Kahf ayat 57)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement