Kapolri Prediksi Puncak Arus Mudik H-5 Lebaran

Red: Karta Raharja Ucu

Sabtu 03 Aug 2013 17:40 WIB

Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo berbicara pada rilis akhir tahun 2012 di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (28/12). Foto: Republika/Prayogi Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo berbicara pada rilis akhir tahun 2012 di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (28/12).

REPUBLIKA.CO.ID, MERAK -- Kapolri, Jenderal Timur Pradopo memprediksi puncak arus mudik melalui Pelabuhan Merak-Bakauheni, Lampung, terjadi pada H-5 Lebaran.

"Saya kira hari ini memasuki H-5 terjadi kenaikan sangat luar biasa dibandingkan H-6," kata Kapolri saat meninjau arus mudik Lebaran di Pelabuhan Merak, Sabtu (3/8).

Menurut Kapolri, saat ini pendistribusian penyeberangan Merak-Bakauheni, Lampung, merata tentu akan lebih memudahkan pelayanan. Masyarakat yang hendak mudik tidak terlalu lama banyak menunggu di pelabuhan.

Selain itu juga tidak terjadi penumpukan penumpang dan antrean panjang kendaraan. "Dengan pendistribusian merata itu, dipastikan pelayanan penyeberangan lebih optimal," katanya.

Kapolri mengatakan, setiap tahun pemudik mengalami kenaikan sekitar empat sampai 10 persen, sedangkan fasilitas yang ada tetap tidak mengalami peningkatan. Karenanya, terjadi kepadatan penumpang di Pelabuhan Merak. Ia berharao pendistribusian merata bisa mengatasi penumpukan penumpang.

"Saya yakin arus mudik penyeberangan Merak-Bakauheni berjalan lancar," katanya.

Terpopuler