3 Tips Aman Mudik

Rep: Gilang Akbar/ Red: Endah Hapsari

Senin 05 Aug 2013 03:09 WIB

 Sejumlah kendaraan pemudik melintas di jalur pantura,/ilustrasi (Republika/ Yasin Habibi) Sejumlah kendaraan pemudik melintas di jalur pantura,/ilustrasi (Republika/ Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepolisian menyiapkan tips-tips khusus bagi masyarakat yang hendak melaksanakan mudik. Melalui operasi ketupat tahun ini, Polri mengaku lebih siap dan berharap masyarakat juga demikian.

Adapun tips-tips tersebut dituangkan Polri dalam satu kata agar mudah diingat masyarakat. "Tri Siap. Kita rangkum semuanya dalam kata Tri Siap. Sebetulnya ada banyak poin, tapi tiga ini yang paling penting," ujar Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Kombes Agus Rianto.

Agus berujar, Tri Siap ini merangkum tiga kesiapan yang wajib dimiliki masyarakat sebelum mudik. Siap aturan, di sini Agus berharap, masyarakat dapat dengan keteguhan hati untuk selalu mau mengikuti peraturan dalam berkendara.

Siap diri, untuk poin kedua ini, Agus mengatakan, Polri meminta masyarakat agar sudah menyiapkan jiwa dan raga sebelum berangkat mudik. "Ketiga, siap perlengkapan, diharapkan seluruh perlengakapan kendaraan maupun bekal mudiknya sudah disiapkan," kata dia.