Bandara Pekanbaru Dipadati 10 Ribu Penumpang

Red: Fernan Rahadi

Rabu 07 Aug 2013 15:02 WIB

Bandara Pekanbaru Foto: PANORAMIO.COM Bandara Pekanbaru

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Memasuki H-1 Lebaran Idul Fitri 2013 (Selasa 6/8) Bandar Udara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru Provinsi Riau dipadati lebih dari 10 ribu penumpang pesawat kedatangan dan keberangkatan.

"Jumlah ini meningkat dibandingkan dengan hari-hari biasanya. Namun jika dibandingkan dengan musim mudik Lebaran tahun sebelumnya (2012), masih sama atau belum ada peningkatan," kata Airport Duty Manager Bandara SSK II Pekanbaru, Ibnu Hasan, dihubungi di Pekanbaru, Rabu (7/8).

Ia menjelaskan, pada H-2 Lebaran jumlah pesawat milik berbagai Maskapai seperti Garuda Indonesia, Lion Air, Citilink, Air Asia, Batik Air, dan lainnya ada sebanyak 41 unit yang beroperasi baik memberangkatkan maupun mendatangkan penumpang ke Bandara SSK II Pekanbaru.

Kondisi tersebut menurut dia diprediksi masih akan sama dengan H-1 (hari ini) dimana diperkirakan lonjakan penumpang masih akan sebatas 10 ribu orang.

Sementara untuk jumlah penumpang keberangkatan ada sebanyak 4.600 orang dan kedatangan berbanding lebih banyak lagi dengan estimasi jumlah penumpang keseluruhan lebih dari 10 ribu orang.

"Sebelumnya, kami memprediksi H-2 merupakan puncak musim mudik pada Lebaran Idul Fitri tahun ini, sama seperti tahun-tahun sebelumnya," kata Ibnu.

Namun perkiraan tersebut menurut dia tidak tepat karena jumlah penumpang baik kedatangan maupun keberangkatan di Bandara SSK II masih belum begitu signifikan.

"Hingga H-2 lalu juga belum ada penambahan pesawat dari sejumlah maskapai yang beroperasi di Bandara SSK II," katanya.

Kondisi demikian menurut dia juga meleset dari perkiraan sebelumnya, dimana pihak pengelola bandara yakin akan ada penambahan armada untuk beberapa maskapai saat musim mudik Lebaran.

Terpopuler