Jalur Nagreg Kian Lengang

Red: Hazliansyah

Rabu 07 Aug 2013 19:01 WIB

   Sejumlah kendaraan melintasi kawasan Jalur Lingkar Nagreg di Kabupaten Bandung,Jabar. Foto: Antara/Fahrul Jayadiputra Sejumlah kendaraan melintasi kawasan Jalur Lingkar Nagreg di Kabupaten Bandung,Jabar.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemudik yang melintas di jalur Nagreg Kabupaten Bandung, Rabu kian lengang, namun personel polisi tetap siaga untuk menjamin keamananan bagi masyarakat.

"Dibandingkan dengan beberapa hari sebelumnya, arus mudik pada Rabu ini mungkin paling sedikit. Namun kami tetap antisipasi kemungkinan ada kiriman arus mudik dari tol dan jalur reguler," kata Kasat Lantas Polres Bandung AKP Eko Munaryanto di Bandung, Rabu.

Ia menyebutkan koordinasi dilakukan dengan petugas Tol Purbaleunyi serta Polres Cimahi untuk mengantisipasi membeludaknya pemudik, namun sepanjang Rabu situasi cukup lancar.

Kendati pemudik sudah mulai surut, namun Polres Bandung mengantisipasi arus lalu lintas lokal pada malam takbiran.

"Biasanya pada malam takbiran warga keluar rumah, turun ke jalan dengan kendaraan masing-masing untuk berbelanja atau kegiatan lainnya. Kami antisipasi jangan sampai menjadi kendala di jalur mudik," kata Eko.

Seperti hari-hari sebelumnya, personel Polres Bandung tetap siaga di sepanjang jalur mulai dari jalur Cibiru - Cileunyi - Nagreg hingga perbatasan Kabupaten Garut.

Terkait pengamanan pada malam takbiran, kata Eko diprioritaskan pengamanan jalur dan juga jalur-jalur lainnya termasuk mengantisipasi adanya takbir keliling yang biasa dilakukan warga dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri.

"Kami sudah menghimbau agar mereka menggelar takbiran di masjid di lingkungan masing-masing, tidak perlu takbir keliling. Namun kami tetap antisipasi," katanya.

Eko menyebutkan beberapa titik kemacetan yang biasa terjadi pada malam takbiran akibat aktivitas warga antara lain di kawasan Jalan Kopo Magahayu, Banjaran, Dayeuhkolot dan Bojongsoang, Majalaya serta di kawasan Rancaekek.

Terpopuler