Bandara Pattimura Didominasi Pemudik ke Jawa

Red: Dewi Mardiani

Jumat 09 Aug 2013 12:31 WIB

 Calon penumpang memasuki kawasan bandara. Ilustrasi Calon penumpang memasuki kawasan bandara. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, AMBON -- Arus mudik di Bandara Internasional Pattimura Ambon masih didominasi penumpang ke luar Ambon seperti Makassar, Surabaya dan Jakarta.

"Hingga H+ 1 hari raya Idul Fitri 1434 Hijriah arus mudik di Bandara Pattimura masih didominasi penumpang yang akan berangkat ke luar Ambon, sedangkan penumpang yang tiba di Ambon masih normal," kata Kepala Angkasa Pura Bandara Pattimura Ambon, Hailendra Waworuntu, Jumat (9/8).

Menurut dia, penumpang yang berangkat dari bandara Pattimura mengalami peningkatan 40 persen dibandingkan hari biasa. Peningkatan penumpang, katanya terpantau dari 13 maskapai penerbangan yang beroperasi di bandara Pattimura. "Sebanyak 10 penerbangan beroperasi pada pagi- siang hari sedangkan tiga lainnya pada sore hari," ujarnya.

Hailendra mengatakan, arus mudik melalui udara ke Ambon masih normal dari sejumlah daerah di kawasan barat Indonesia maupun kawasan timur. "Sedangkan arus Balik penumpang dari Ambon belum menonjol tetapi dipastikan akan mengalami peningkatan pada H+3 hingga H+4 mengingat musim libur sekolah dan perkantoran hingga tanggal 12 Agustus 2013," ujarnya.

Menyikapi peningkatan arus mudik itu, pihak keamanan di kawasan bandara juga meningkatkan pengamanan dengan menyiapkan pos pengamanan terpadu yang melibatkan TNI - Polri. Posko tersebut diarahkan untuk memberikan pelayanan kepada pengguna jasa penerbangan, baik yang turun maupun naik dari bandara Internasional Pattimura Ambon. "Kami berusaha memberiikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa perhubungan udara," ujarnya.

Posko tersebut juga memantau kemungkinan adanya praktek oknum calo tiket dengan memanfaatkan situasi hari raya. "Selama ini kami belum menemukan calo tiket, tapi berbagai kemungkinan bisa saja terjadi saat kondisi mendesak sehingga perlu diantisipasi sejak awal," kata Hailendra.

Terpopuler