Ruang Menyusui di Stasiun Bermanfaat, Pemudik Sangat Terbantu

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

Jumat 16 Aug 2013 17:00 WIB

Ruang menyusui. Ruang menyusui.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- - Keberadaan ruang menyusui atau pojok ASI terbukti bermanfaat bagi  para pemudik yang pulang dari berbagai daerah di Pulau Jawa. "Keberadaan ruang menyusui banyak dimanfaatkan para penumpang," ujar Wakil Kepala Stasiun Gambir Supendi di Jakarta, Jumat (16/8).

Pojok ASI di Stasiun Gambir berada di lantai satu stasiun tersebut. PT KAI menyediakan khusus bagi para penumpang untuk menyusui anaknya. "Hampir di setiap stasiun ada ruang menyusuinya. Itu merupakan standar minimal sebuah stasiun," tambah dia.

Meskipun demikian, Supendi tidak mengetahui berapa banyak pemudik yang memanfaatkan ruangan tersebut. "Kita tidak tahu karena tidak melakukan pendataan. Tapi hampir setiap harinya di ruangan itu ada ibu menyusui anaknya."

Salah seorang penumpang yang ditemui Antara, Hartini (34), mengaku terbantu dengan adanya ruangan menyusui itu. "Menyusui anak jadi lebih leluasa."

Ia menuturkan baru pulang dari kampung halamannya di Cilacap. Kini ia mengaku tidak lagi risih menyusui anak di ruang publik karena ada ruangan khusus.

Terpopuler