Rabu 15 Jan 2014 16:51 WIB

BMOIWI Tingkatkan Kemampuan Daiyah

Rep: ani nursalikah/ Red: Damanhuri Zuhri
Seorang dai memberikan ceramah agama di masjid.  (ilustrasi)
Foto: Antara
Seorang dai memberikan ceramah agama di masjid. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Badan Musyawarah Organisasi Islam Wanita Indonesia (BMOIWI) mengadakan upgrading syariah 2013.

Kegiatan ini merupakan yang kedua kalinya. Tema yang diusung Dengan Semangat Perjuangan dan Pengabdian Kita Tingkatkan Peran Perempuan dalam Mewujudkan Ketahanan Keluarga.

Ketua Presidium BMOIWI Azizah mengatakan, ada tiga hal dalam ketahanan keluarga yang disoroti. Ketiga hal tersebut, yakni bidang keagamaan, sosial budaya, dan pendidikan. “Ketahanan keluarga sangat perlu,” ujarnya, Senin (13/1).

Nilai dasar di dalam masyarakat, kata Azizah, dimulai dari keluarga. Nilai yang ditanamkan dalam keluarga, terutama kepada anak, akan menjadi pondasi dasar menjalani hidup yang teratur di masyarakat.

Ustaz Ahmad Yani sebagai pembicara menggarisbawahi mengenai aspek ketahanan keluarga yang harus dimiliki setiap keluarga.

Di antaranya, kemandirian nilai, ekonomi, tahan menghadapi goncangan keluarga, keuletan, dan ketangguhan dalam memainkan peran sosial, serta mampu menyelesaikan problem yang dihadapi.

Program tahunan ini diikuti 32 organisasi wanita tingkat pusat di seluruh Indonesia. Sebagian besar peserta adalah para penceramah atau daiyah yang biasa terjun ke masyarakat. Mereka diberi pelatihan bagaimana menyampaikan metode ceramah yang benar dan baik.

Menurut Azizah, sebagian besar penceramah di televisi tidak sesuai tuntunan Rasulullah, baik metode dan isinya yang terkadang tidak berdasarkan Alquran dan hadis. “Kebanyakan hanya menonjolkan aspek hiburannya saja.”

Padahal ceramah yang benar, sesuai yang dilakukan Rasulullah SAW adalah memberi kabar gembira dan bisa menumbuhkan rasa takut bila melakukan larangan Allah.

Dalam acara ini, para daiyah mempraktikkan kebolehan mereka dalam berceramah. Setelah itu, masing-masing akan dievaluasi. Hal tersebut bertujuan meningkatkan kemampuan mereka untuk menyampaikan ceramah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement