Warga Pakistan Andalkan Buka Puasa Gratis

Red: Agung Sasongko

Rabu 02 Jul 2014 08:24 WIB

Warga Pakistan Foto: AP Warga Pakistan

REPUBLIKA.CO.ID, ISLAMABAD — Memasuki Ramadhan banyak badan amal dan filantropi di Pakistan menggelar buka bersama. Agenda ini disambut baik warga Pakistan yang cukup menderita akibat inflasi yang terus menjulang.

Para penyelenggara mengatakan inflasi yang terus meningkat menyebabkan semakin banyak orang setiap tahunnya berbuka puasa di tempat yang menyediakan makanan gratis. Mohammad Amir, bekerja di tukang jahit, mengatakan ia bisa berhemat banyak dengan makan gratis karena pendapatannya tidak cukup untuk membeli makanan untuk seluruh keluarganya.

Ia mengaku malu kerap mendatangi acara buka puasa gratis. Namun, tidak ada yang bisa dia lakukan. Akhirnya mendatangi acara buka puasa bersama merupakan opsi realistis ditengah krisis ekonomi.

Amir berkata walaupun filantropis memberi makan orang-orang dengan cara ini, pemimpin politik tidak banyak berusaha mengatasi kenaikan harga makanan dan pengangguran. Ia menyayangkan para politisi bertengkar satu sama lain dan mereka tidak sadar bahwa rakyat kelaparan atau bagaimana mereka menjalankan hidup mereka.