375 Pengungsi Sinabung Tetap Berpuasa

Red: Yudha Manggala P Putra

Rabu 24 Jun 2015 21:26 WIB

anak-anak pengungsi erupsi sinabung sedang melaksanakan shalat berjamaah Foto: dok. al azhar peduli umat anak-anak pengungsi erupsi sinabung sedang melaksanakan shalat berjamaah

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Sebanyak 375 orang pengungsi erupsi Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, yang beragama Islam tetap melaksanakan puasa pada bulan suci Ramadhan di Lokasi Posko Penampungan di Kabanjahe.

Satgas Pengungsi Erupsi Sinabung Letkol Inf Asep Sukarna di Medan, Rabu (24/6), mengatakan merasa salut dan bangga dengan pengungsi Sinabung tersebut karena mereka tidak pernah meninggalkan puasanya.

Padahal, menurut dia, warga tersebut saat ini sedang menghadapi bencana fenomena alam gunung berapi yang setiap hari tetap mengeluarkan luncuran awan panas dan semburan debu vulkanik. "Meskipun mereka sedang mengalami musibah, namun tidak meninggalkan ibadah puasa," ujar Asep.

Dia menyebutkan, jumlah pengungsi erupsi Sinabung, saat ini tercatat sebanyak 10.184 jiwa atau 3.030 kepala keluarga dan mereka itu ditempatkan di 10 titik penampungan.