Menkes Minta Pemudik Terapkan Pola Hidup Bersih Sehat

Rep: Dyah Ratna Meta Novi/ Red: Indah Wulandari

Rabu 15 Jul 2015 09:27 WIB

Pemudik berjalan perlahan melintasi tol darurat Pejagan-Brebes Timur, Selasa (14/7).  (Republika/Agung Supriyanto) Foto: Republika/Agung Supriyanto Pemudik berjalan perlahan melintasi tol darurat Pejagan-Brebes Timur, Selasa (14/7). (Republika/Agung Supriyanto)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Menteri Kesehatan Nila Djuwita  Moeloek berpesan kepada para karyawan Kementerian Kesehatan yang mudik agar selalu menjaga kesehatan, memelihara daya tahan tubuh.

"Jangan lupa mempromosikan kesehatan dan  menerapkan pola hidup bersih dan sehat selama mudik," katanya di Jakarta, Rabu (15/7).

Pemudik, kata dia, jangan merokok selama di perjalanan. "Jangan merokok di dalam bus dan memberikan asap kepada teman-teman seperjalanan."

Pengemudi, ujar Nila, kalau lelah harus  berhenti istirahat. "Atau diganti dengan cadangan penggantinya."

Pengemudi juga tidak boleh  minum obat-obatan yang membuat kantuk. Obat batuk itu salah satunya yang membuat kantuk.

Nilai juga mengimbau agar pengemudi  berhati-hati dan menaati peraturan lalu lintas. Kemudikan bus dengan baik, aman dan selamat sampai tujuan.

 

Sebelumnya, untuk mengantisipasi berbagai masalah kesehatan yang timbul akibat mudik Lebaran, Kementerian Kesehatan menyiagakan ribuan pos kesehatan di setiap jalur angkutan. 

Tahun ini, sebanyak 870 pos kesehatan, 1.094 puskesmas dan 1.554 rumah sakit  disiagakan 24 jam selama arus mudik di Sumatra, Jawa, dan Bali.

Terpopuler