Ingin Hindari Macet di Tegal Arah Jakarta ? Coba Rute Ini

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Hazliansyah

Kamis 23 Jul 2015 02:41 WIB

Pemudik berjalan perlahan melintasi tol darurat Pejagan-Brebes Timur, Selasa (14/7).  (Republika/Agung Supriyanto) Foto: Republika/Agung Supriyanto Pemudik berjalan perlahan melintasi tol darurat Pejagan-Brebes Timur, Selasa (14/7). (Republika/Agung Supriyanto)

REPUBLIKA.CO.ID, PANTURA -- Arus balik menuju Jakarta di jalur Pantura sudah ramai sejak H+2. Di jalur Pantura Tegal-Brebes, khususnya mendekati pintu masuk Tol Brebes Timur dan Pejagan, kepadatan kerap kali terjadi di ruas jalur ini.

Kepadatan terjadi akibat dampak antrean kendaraan arah Jakarta dan Jawa Tengah yang ingin masuk ke jalur pintu masuk tol. Untuk menghindari kepadatan di pertigaan yang hendak memasuki area pintu tol tersebut, ada satu jalan alternatif yang bisa digunakan oleh pebalik menuju Jakarta.

Dari arah Comal Pekalongan, tepatnya sebelum memasuki Tegal, terdapat jalan yang cukup untuk menampung dua mobil berlawanan arah. Agar lebih jelas, tanyalah kepada para petugas kepolisian maupun dinas perhubungan mengenai letak dari jalur yang berada sebelah kiri jalan ini.

"Iya, di situ ada jalur alternatif, namanya Jl Garuda, kondisi jalannya cukup baik," ujar Kaur Bin Ops Sat Lantas Polres Tegal Iptu Suwarno kepada Republika Rabu (22/7).

Dia mengatakan, dengan mengikuti jalur tersebut, kendaraan bisa melaju hingga pintu masuk Tol Pejagan arah Jakarta.

"Mohon bila ingin ambil jalur ini untuk lebih hati-hati karena cukup sempit" kata dia.

Pantauan Republika, titik kepadatan Pantura arah Jakarta bersumbu di sini. Setelah lepas jalur perbatasan Tegal-Brebes lalu lintas Pantura kembali normal.

Terpopuler