Sabtu 03 Oct 2015 12:05 WIB

Pemerintah Diminta Aplikasikan Prinsip Koperasi untuk Atasi Kemiskinan

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Suasana sebuah koperasi
Foto: wordpress.file
Suasana sebuah koperasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dewan Koperasi Nasional meminta seluruh pemerintah di Asean bekerja sama mengentaskan kemiskinan. Caranya adalah dengan mengeluarkan rekomendasi yang bisa diaplikasikan ke seluruh negara Asean.

"Perlu ada rekomendasi yang bisa diaplikasikan ke seluruh negara, dimana prinsip koperasi menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi kemiskinan," tutur Ketua Umum Dekopin, Nurdin Halid pekan ini. Ia menyatakan pekan ini Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) menyelenggarakan pertemuan regional bagi para pejabat tinggi pemerintah dan pemimpin Gerakan Koperasi di ASEAN++ .

Acara ini kata dia telah diselenggarakan sejak 1992 di Sidney Australia pertama kali. Dalam pertemuan regional ini, dihadiri 11 negara dikawasan ASEAN++ (termasuk Cina, Mongolia dan Korea) . Peserta pertemuan adalah para pejabat tinggi pemerintah yang membidangi koperasi dan juga para pemimpin gerakan koperasi.

Total 26 peserta luar negara dari 11 negara yang hadir. "Dalam pertemuan ini pemerintah dan Koperasi membicarakan tiga hal yang mengancam dunia, ketahanan pangan, ekologi dan efek pemanasan global,"terang Nurdin Halid.