Gilimanuk Siap Hadapi Arus Mudik

Rep: ahmad baraas/ Red: Damanhuri Zuhri

Senin 20 Jun 2016 17:18 WIB

Pelabuhan Gilimanuk Foto: Antara Pelabuhan Gilimanuk

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Satu dermaga ponton di Pelabuhan Gilimanuk sedang diperbaiki. Itu mengakibatkan terjasi antrean panjang di pintu barat Pulau Bali.

“Tapi satu dua hari perbaikannya sudah selesai dan akan dapat digunakan lagi,” kata Kepala Operasional PT ASDP Pelabuhan Gilimanuk, Sugeng Purwono.

Kepada Republika, Sabtu (18/6), Purwono mengatakan, dermaga ponton di Pelabuhan Gilimanuk harus dirawat. Pekerjaannya sudah dimulai lima hari lalu dan kini sudah hampir selesai.

Sugeng mengakui, akibat tidak beroperasinya satu dermaga ponton, penyeberangan di Gilimanuk sempat terganggu. Hanya, sebut Sugeng, antrean terjadi hanya pada truk pengangkut barang saja. “Sekarang sudah lancar, sudah tidak ada penumpukan,” katanya.

Salah seorang penyeberang, Didi Hadi mengatakan, arus kendaraan pribadi masuk ke areal parkir Pelabuhan Gilimanuk sempat tersendat-sendat sekitar 10.00 Wita. Disebutkannya, antrean truk mengular sampai ke luar areal pelabuha. “Saya lamanya juga menunggu sampai bisa menyeberang,” katanya.

Sugeng menyebutkan, dengan beroperasinya kembali dermaga ponton yang sedang dalam perbaikan, akan memperlancar arus penyeberangan.

Dia meperkirakan beban puncak arus mudik terjadi pada H-5 dan pihaknya sudah mengantisipasi agar penyeberangan lancar dan pemudik tetap nyaman. “Untuk menghindari penumpukan, baiknya menyeberang pada pagi hari,” kata Sugeng.

Terpopuler