Sabtu 20 May 2017 09:52 WIB

Bermodal Awal 2,5 Juta, Bank BJB Jadi Salah Satu Bank Nasional Terbesar

Red: Bayu Hermawan
Gedung bank BJB
Foto: ROL/Fakhtar K Lubis
Gedung bank BJB

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG --  PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Jawa Barat dan Banten atau yang akrab dikenal Bank BJB merayakan ulang tahun yang ke-56. Bank BJB telah melalui perjalanan panjang dari mulai bank yang bergerak di bidang hipotek, hingga kini menjadi bank terbesar dan berkinerja baik di tanah air.

Pada awal berdiri, bank ini bernama De Erste Nederlansche Indische Shareholding atau disingkat menjadi NV Denis. Ketika terbit Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 33 tahun 1960 tentang Penentuan Perusahaan milik Belanda yang dinasionalisasikan, perusahaan ini pun diambil alih oleh pemerintah.

Melalui Surat Keputusan Gubernur Jabar nomor 7/GKDH/BPD/61 tertanggal 20 Mei 1961, NV Denis berubah nama menjadi PD Bank Karya Pembangunan. Dengan modal awal Rp 2,5 juta, bank ini pun mulai beroperasi.

Progres bank tersebut terus melejit. Pada 1992 aktivitas Bank Pembangunan Daerah Jabar melonjak menjadi Bank Umum Devisa. Lonjakan aktivitas itu dilandasi Surat Keputusan Direksi Bank Indonesia Nomor 25/84/KEP/DIR tanggal 2 November 1992.