Cuaca Cukup Bersahabat untuk Transportasi Penerbangan

Rep: Nora Azizah/ Red: Andri Saubani

Jumat 23 Jun 2017 17:25 WIB

Ratusan calon penumpang mengantre masuk ke dalam Terminal Keberangkatan 1 C, Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (22/6). Foto: Antara/Muhammad Iqbal Ratusan calon penumpang mengantre masuk ke dalam Terminal Keberangkatan 1 C, Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (22/6).

REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA.CO.ID. TANGERANG - Lalu lintas maskapai penerbangan mulai memasuki waktu padat H-2 lebaran. Meski demikian prakiraan cuaca menunjukkan cukup baik untuk jalur penerbangan. Presiden Direktur PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, pihaknya terus bersinergi dengan Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam memberikan informasi terkini kondisi cuaca. Alhamdulillah, cuaca cukup baik dan tidak menggangu lalu lintas udara," jelas Awaluddin, Jum'at (23/6).

Data reseferensi bandara selalu terkoneksi dengan BMKG. Awaluddin menjelaskan, pihak maskapai penerbangan juga fokus pada cuaca dan menjadi concern utama dalam penerbangan. Meski demikian, pihak PT Angkasa Pura II tetap waspada dan tidak ingin ambil risiko. Terutama pada saat pendaratan atau take off. Pihak bandara semaksimal mungkin memberikan informasi terkini dan akurat terkait kondisi cuaca ketika pesawat akan melakukan pendaratan. Jangan sampai hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Arus mudik maskapai penerbangan memang semakin tinggi pada H-2 dan H-1. Lonjakan penumpang diperkirakan akan mencapai 215 ribu penumpang. Sementara data H-10 hingga H-3 tercatat sebanyak 301 penerbangan domestik dan 12 penerbangan luar negeri. Pertumbuhannya signifikan sekitar 4,5 sampai 5 persen dari tahun lalu.

Terpopuler