Kamis 25 Nov 2010 05:14 WIB

Dalam 5 Tahun, Astra Daihatsu Motor Inginkan Semua Komponen Lokal

Rep: Shally Pristine/ Red: Arif Supriyono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Tingkat kandungan komponen lokal dalam otomotif terus meningkat. Dalam kurun 2-5 tahun mendatang, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) ingin melokalisasi seluruh komponennya.

Vice President ADM, Sudirman MR, mengatakan saat ini ADM masih mengimpor sejumlah komponen yang belum bisa dibuat di dalam negeri, misalnya rangka mobil. Ia berharap dalam tiga tahun mendatang pabrik baja PT Krakatau Posco sudah dapat memproduksi baja khusus untuk rangka tersebut. "Masih perlu lima tahun (untuk melokalisasi 100 persen) sambil memonitor pasarnya seperti apa," katanya usai peringatan produksi ADM ke-2 juta unit, Rabu (24/11).

Saat ini, ADM melibatkan 155 pemasok komponen tingkat pertama dan 850 pemasok tingkat kedua. Jumlah tenaga kerja yang terlibat hingga tingkat kedua ini mencapai 507 ribu orang.

Komponen tersebut untuk produksi ADM yang pada tahun ini mencapai 300 ribu unit. ADM menggalang kerja sama untuk melakukan produksi bersama Xenia-Avanza dan Terios-Rush dengan Toyota sejak 2004. Kerja sama ini melenjitkan produksi ADM sebanyak satu juta unit selama lima tahun terakhir.

Sementara itu Menteri Perindustrian, MS Hidayat, menuturkan program ADM sejalan dengan keinginan pemerintah. Saat ini, kandungan komponen lokalnya mencapai 85 persen. Industri pun masih menunggu hingga permintaannya layak memenuhi skala keekonomian di kisaran 250 ribu-300 ribu unit komponen per tahun.

"Hanya tinggal tunggu waktu untuk Indonesia menjadi basis produksi untuk kepentingan domestik dan ekspor. Kira-kira dua sampai tiga tahun," katanya ketika ditemui usai acara yang sama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement