REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Untuk menjamin keamanan dan kenyamanan konsumen, Toyota Indonesia melalui PT Toyota Astra Motor (TAM) melakukan pemanggilan untuk perbaikan (recall) dalam bentuk Special Service Campaign (SSC) untuk 40.280 sedan keluaran tahun 2001-2008 terkait airbag inflator.
"Informasi dari prinsipal kami, Toyota Motor Corp (TMC), ada airbag inflator yang berkembang tidak seharusnya (bila terjadi tabrakan frontal)," kata Wapresdir TAM Henry Tanoto di Jakarta, belum lama ini.
Oleh karena itulah, TAM melakukan kampanye servis khusus (SSC) dengan mengundang para pemilik sedan Camry, Corolla, Vios, dan Yaris dengan tahun produksi antara 2001-2008 untuk datang ke bengkel terdekat guna melakukan pergantian komponen kantong udara tersebut.
"Servisnya gratis, perbaikannya hanya sekitar 2,5 jam, namun kami mengimbau agar konsumen mengikuti proses booking," ujar Henry.
Kepala Divisi Purna Jual TAM Dadi Hendriadi menambahkan ada dua cara yang bisa dilakukan konsumen untuk mengetahui apakah kendaraannya termasuk dalam program SSC Toyota dan kemudian melakukan booking perbaikan.
Pertama dengan menghubungi Customer Care Toyota 1-500-315 yang beroperasi selama 24 jam. Kedua, dengan mengunjungi website toyota.astra.co.id/SSC.
"Setelah itu, bila kendaraan konsumen perlu dilakukan perbaikan, maka akan ada follow up dari dealer," ujar Dadi.
Baik Henry maupun Dadi mengatakan sejauh ini tidak ada kejadian di Indonesia terkait dengan airbag inflator di bagian penumpang yang tidak berkembang seharusnya ketika terjadi tabrakan frontal.
Kendati demikian, TAM tetap akan melakukan perbaikan pada komponen tersebut.
"Karena bila (airbag inflator) tidak diganti, ada potensi inflator tidak bekerja pada saat tabrakan frontal," katanya.
Mobil yang perlu dilakukan perbaikan itu adalah 3.743 sedan Camry tahun produksi 2002-2005, 11.594 sedan Corolla (2001-2007), 11.937 sedan Vios (2004-2008) dan 13.006 Yaris (2005-2008).