Menteri PUPR Uji Keamanan Jembatan Kali Kuto dengan Truk

Rep: Farah Noersativa/ Red: Ratna Puspita

Ahad 10 Jun 2018 15:32 WIB

Pembangunan Jembatan Kalikuto. Foto: republika/fakhtar lubis Pembangunan Jembatan Kalikuto.

REPUBLIKA.CO.ID, TEGAL -- Menteri  Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basoeki Hadimoeljono mengatakan akan menjajal keamanan Jembatan Kali Kuto, Kabupaten Kendal, dengan cara melintasinya menggunakan truk. Jembatan tersebut menjadi salah satu infrastruktur yang penyelesaiannya sedang dikejar untuk melancarkan arus mudik lebaran 2018.

“Saya akan coba pakai truk untuk membuktikan jembatan itu aman untuk dilalui,” kata Basoeki saat ditanyai mengenai keamanan jembatan itu untuk dilalui, Ahad (10/6). Dia mengatakan uji coba tersebut mengingat banyak peristiwa infrastruktur dalam sejumlah proyek pembangunan yang sedang dikerjakan oleh pemerintah. 

Basoeki menjelaskan Jembatan Kali Kuto merupakan salah satu proyek yang besar sehingga penyelesaiannya membutuhkan waktu lama. Alasan lain pengerjaannya membutuhkan waktu lebih lama, dia menyebutkan, karena jembatan itu memiliki kekhasan.

“Kalau itu jembatan biasa ya sudah jadi  dari lama. Ini khas. Kalau jembatan Holtekamp di Papua, itu hanya lurus karena dua dimensi saja. Nah ini kita coba dengan tiga dimensi, jadi ada vektor Z biar ada seni sedikit, itu yang bikin lama,” kata Basoeki.